Perawatan
Jan3

Cara Mengkilapkan Lantai Kayu secara Alami

Bagaimana cara mengkilapkan lantai kayu secara alami? Rumah Anda mungkin sudah menggunakan lantai kayu sebagai material penutup lantai. Seiring dengan usia pakainya, lantai yang semula tampak halus dan mengkilap berangsur-angsur akan berubah menjadi kusam dan kasar. Kalau sudah begini dibutuhkan upaya yang lebih dari sekadar merawat lantai untuk mengembalikan pesonanya seperti semula.

Tidak hanya keindahannya saja yang bisa dipulihkan, merawat lantai kayu menggunakan bahan-bahan alami juga dapat menjaga kondisi kebersihannya. Secara tidak langsung, kegiatan bersih-bersih ini pun berpengaruh pula pada kesehatan keluarga yang lebih terjamin. Lantai kayu yang bersih pasti akan terasa lebih nyaman. Oleh karena itu, sebagai pemilik rumah, Anda wajib merawatnya dengan benar.

cara-mengkilapkan-lantai-kayu.jpg

Jika Anda ingin membersihkan lantai kayu sekaligus mengkilapkan permukaannya kembali, ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan sebagai pembersih.

  1. Minyak Zaitun

Sejak zaman dahulu, minyak zaitun terbukti ampuh untuk mengkilapkan permukaan lantai dan menjaga kelembabannya. Anda tidak perlu khawatir menggunakan minyak zaitun karena minyak ini tidak akan membuat lantai terasa licin akibat permukaannya berminyak. Faktanya minyak zaitun justru dapat membuat lantai kayu menjadi lebih bersih dan bersinar. Anda hanya perlu membuat cairan pembersih dari campuran minyak zaitun dan cuka terlebih dahulu. Kemudian gunakan cairan tersebut untuk mengepel lantai.

  1. Soda Kue

Selain dapat menghilangkan noda-noda di lantai kayu yang timbul bekas minyak, soda kue juga sangat ampuh dalam menghapus garis-garis yang muncul di permukaan lantai akibat goresan. Apalagi untuk noda membandel yang sering menumpuk di salah satu sudut ruangan, soda kue ini bisa membersihkannya dengan cepat. Untuk menggunakan soda kue sebagai bahan pembersih lantai kayu, taburkan bubuk soda kue tepat di atas noda yang dimaksud lalu tunggu selama 15-30 menit. Setelah itu, Anda bisa membersihkannya dengan kain pel yang lembab.

  1. Roti Gandum

Siapa sangka roti gandum bisa digunakan untuk membersihkan lantai kayu? Selain enak dimakan dan mengandung nutrisi yang tinggi, roti gandum ternyata dapat dipakai untuk menghilangkan noda dari coretan alat tulis. Hal ini tidak terlepas dari pori-porinya yang mampu menyerap kotoran dengan baik. Anda hanya perlu menyiapkan selembar roti gandum, lalu menggunakannya untuk mengelap permukaan lantai kayu layaknya kain lap.

  1. Teh

Bahan alami yang sangat bagus untuk mempertahankan warna lantai kayu adalah teh. Dengan rutin mengepel permukaan lantai memakai cairan teh, pesona lantai kayu Anda dijamin tidak bakalan luntur. Caranya dimulai dengan menyeduh teh secukupnya menggunakan air panas, lalu biarkan sampai suhunya berubah menjadi dingin. Air seduhan teh ini lantas dapat digunakan untuk mengepel lantai kayu.

  1. Cuka

Cuka dan air sari lemon merupakan antiseptik alami yang sangat ampuh dipakai untuk menghilangkan noda yang membandel. Sayangnya pemakaian bahan ini dalam waktu yang cukup lama dapat menyebabkan warna lantai kayu menjadi pudar karena bersifat asam. Jadi, disarankan pakailah cuka atau air sari lemon hanya pada noda yang benar-benar sulit dihilangkan. Buatlah cairan pembersih dengan mencampurkan cuka dan air panas. Setelah suhunya dingin, Anda bisa menggunakan cairan tersebut untuk membersihkan lantai kayu.