Perawatan
Nov29

Cara Mengisi Nat Keramik, Lengkap dengan Tipsnya

Bagaimana cara mengisi nat keramik? Pekerjaan mengisi nat merupakan rangkaian dari proses pemasangan keramik lantai dan dinding. Walapun kelihatannya sepele, pekerjaan ini berpengaruh besar terhadap hasil akhir. Penerapan nat yang bersih membuat keramik terlihat rapi. Sebaliknya, jika nat tampak belepotan maka keramik pun yang menjadi korban.

Zaman dahulu, bahan nat biasanya menggunakan semen putih. Namun berkat kemajuan arsitektur, saat ini sudah banyak dijumpai produk khusus nat keramik yang memiliki beranekaragam warna. Tentunya setiap produk nat ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sebagai tips tambahan, hindari memilih nat berwarna putih karena mudah kotor dan menimbulkan kesan jorok.

cara-mengisi-nat-keramik.jpg

Bagaimanakah proses pengisian nat keramik dilakukan? Ikuti panduan dari Arafuru di bawah ini!

Alat dan Bahan :

  • Nat
  • Air
  • Karet sandal
  • Spons/busa
  • Ember kecil
  • Kain lap
  • Kape
  • Cairan HCl
  • Pisau
  • Obeng

Langkah-langkah :

  1. Bukalah kaleng berisi nat menggunakan pisau atau obeng. Ambil nat secukupnya lalu masukkan ke ember.
  2. Tambahkan air sedikit saja ke dalam ember lalu aduk merata untuk mengentalkan nat. Hati-hati jangan menuangkan air kebanyakan sebab akan membuat adukan nat terlalu encer dan tidak bisa dipakai.
  3. Cara mengaplikasikan adukan nat tersebut, gunakan karet sandal untuk mengambil sejumlah adukan nat. Kemudian oleskan ke barisan sela-sela keramik, baik yang membujur maupun melintang. Oleskan beberapa kali agar nat benar-benar mengisi sela-sela di antara ubin keramik.
  4. Untuk sela-sela keramik yang berukuran terlalu sempit, seperti pada pojokan lantai dan dinding, Anda tidak bisa menjangkaunya dengan karet sandal. Sebagai gantinya Anda dapat mengoleskan adukan nat secara manual menggunakan jari tangan. Tidak usah khawatir tangan Anda bakal terluka selagi Anda selalu membersihkannya dengan air bersih.
  5. Tunggu beberapa saat supaya adukan nat agak mengering. Setelah itu, Anda bisa membersihkan permukaan keramik yang terkena nat menggunakan kain lap dan spons. Lakukan pembersihan sampai ke batas tepi antara keramik dan nat sehingga hasilnya terlihat maksimal.
  6. Biasanya adukan nat tersebut akan mengering sempurna dalam waktu 24 jam. Keesokan harinya, Anda boleh mengepel memakai cairan HCl sehingga keramik tampak bersih bersinar dan bebas noda.

Ingat sebelum proses pengisian nat dilakukan, sebaiknya bersihkan dulu sela-sela keramik tersebut menggunakan kape. Hal ini dimaksudkan agar nantinya tidak ada kotoran yang terjebak di bawah nat, yang dapat mengakibatkan nat cepat rusak. Di samping itu, pembersihan juga bertujuan untuk memastikan nat bisa terpasang dengan rapi. Selamat mencoba.