Perawatan
Jun10

Cara Mengisi Freon AC untuk Pemula

Bagaimana cara mengisi freon AC yang benar? AC dikenal sebagai perangkat elektronik yang berguna untuk mendinginkan udara di dalam suatu ruangan sehingga suasananya menjadi sejuk. Kondisi di Indonesia yang panas karena briklim tropis memaksa sebagian besar penduduknya untuk memasang AC. Namun seiring dengan berjalannya waktu kemampuan AC dalam mendinginkan udara lambat laun semakin melemah.

Dari beberapa penyebab menurunnya performa AC, salah satu faktor yang paling sering ialah kapasitas freon-nya sudah berkurang drastis. Hal ini dikarenakan ada bagian AC yang mengalami kebocoran. Jadi untuk memperbaikinya harus ditemukan terlebih dahulu posisi kebocoran AC lalu menambalnya. Barulah kemudian Anda bisa mengisi ulang freon ke dalamnya.

mengisi-freon-ac.jpg

Kali ini Arafuru ingin berbagi panduan langkah-langkah pengisian freon AC, khususnya untuk pemula :

Alat dan Bahan :

  • Manifold (alat ukur tekanan freon)
  • Flaring (alat pelebar diameter pipa)
  • Kunci inggris 10 dan 12 inci
  • Kunci pas satu set
  • Tabung refrigerant (disesuaikan dengan tipe AC)
  • Tang amper atau clamp meter
  • Obeng set atau screwdriver set

Langkah-langkah :

  1. Hidupkan perangkat AC yang akan diisi freon.
  2. Gunakan kunci inggris/kunci pas untuk membuka penutup service valve yang terletak di pipa besar.
  3. Hubungkan selang manifold warna biru (low preassure) ke service valve. Kemudian pasang juga selang manifold warna kuning ke tabung refrigerant. Posisi service valve bisanya berada di sebelah kiri, sedangkan tabung refrigerant ada di sebelah tengah manifold. Jangan lupa lakukan pemeriksaan untuk memastikan kondisi semua keran manifold sudah dalam keadaan tertutup.
  4. Saatnya melakukan pendeteksian secara dini. Caranya cek tekanan freon AC tersebut. Ingat tekanan freon AC tipe R22 yang standar berkisar antara 57,6-84,1 psig.
  5. Apabila setelah dilakukan pengecekan ternyata tidak ada tekanan sama sekali, kemungkinan besar ada kebocoran pada sistem pendingin AC. Anda harus mencari tahu letak kebocoran tersebut sebelum dilakukan pengisian freon. Triknya yaitu usapkan air sabun menggunakan kuas kecil kecil ke seluruh permukaan AC secara perlahan-lahan. Posisi kebocoran AC ditandai dari adanya gelembung sabun yang tercipta.
  6. Perbaikan AC yang bocor dapat dilakukan dengan metode pengelasan. Sebaiknya buang sisa freon yang masih tersimpan di dalam AC sebelum dilas agar tidak membahayakan diri Anda.
  7. AC yang sudah dilas tadi selanjutnya wajib divakum menggunakan mesin vakum hingga mencapai 30”.
  8. Pasang kembali selang manifold warna biru ke pentil pengisian freon serta selang warna kuning pada tabung freon. Berikutnya buka lah penutup keran nepel ukuran 3/8 lalu masukkan kunci L pada keran tersebut dan putar ke kanan untuk membukanya.
  9. Nyalakan AC split dan tunggu beberapa saat hingga unit indoor mengalirkan listrik ke unit outdoor. Setelah unit outdoor juga menyala, Anda bisa melepaskan selang warna biru dari manifold. Jangan kaget sebab tindakan ini akan menyebabkan angin keluar dari selang warna biru tersebut. Setelah angin berhenti, Anda bisa memasang kembali selang warna biru tadi pad manifold, kemudian putar ke arah kiri.
  10. Isikan freon dengan cara memutar keran manifold warna biru ke arah kiri. Sembari melakukan pengisian, Anda harus memperhatikan jarum indikator yang terdapat di manifold untuk mengetahui kapasitas freon yang sudah dimasukkan ke dalam sistem pendingin. Tips dari kami, lakukan pengisian freon sedikit demi sedikit agar tidak merusak bagian klep kompresor.
  11. Tanda jumlah freon yang diisikan ke AC sudah cukup adalah pipa instalasi AC yang berukuran 3/8 pad unit outdoor terlihat basah dan berembun, serta kondisi evaporator pada unit indoor terasa dingin menyeluruh. Pengisian freon yang berlebihan justru mengakibatkan AC sama sekali tidak dingin.
  12. Setelah dianggap freon yang dimasukkan telah cukup, tutup lah kembali keran yang ada di tabung freon seperti semula kemudian lepaskan selang manifold yang terpasang di tabung freon dan unit AC. Tunggu selama beberapa saat, selanjutnya lakukan pengecekan tekanan menggunakan ampere meter. Terakhir, buka lalu lepaskan selang manifold pada unit AC serta tutup kembali penutup valve service.

Semoga bermanfaat.