Perawatan
Jun8

Cara Menghilangkan Noda Tetesan Lilin dengan Mudah

Bagaimana cara menghilangkan noda tetesan lilin? Jika tidak segera dibersihkan, tetesan dari lelehan lilin akan menjadi masalah yang serius. Pasalnya, lambat laun noda tersebut bisa menempel dengan sangat kuat di permukaan suatu benda dan sulit dibersihkan. Namun, anda jangan panik karena menghilangkan noda lilin itu terbilang mudah. Yang terpenting, anda harus menyesuaikan metode pembersihan noda lilin terhadap bahan material benda yang dikenainya. Misalnya, pembersihan tetesan lilin di kaca berbeda caranya dengan pembersihan pada kain dan kayu.

cara-menghilangkan-noda-tetesan-lilin.jpg

Lilin

Kaca dan Plastik

Untuk membersihkan lelehan lilin yang menempel di benda berbahan kaca dan plastik, masukkan benda tersebut dahulu ke dalam freezer selama 30 menit. Hal ini dimaksudkan supaya udara dingin bakal memperkeras lelehan tadi. Dengan kata lain, anda bisa menghilangkannya memakai pisau tumpul secara lebih mudah. Tapi jika ukuran benda cukup besar, pembersihan tetesan lilin bisa dilakukan menggunakan kain lembut dan baby oil.

Besi

Menghilangkan noda lilin yang menempel di benda berbahan besi gampang sekali dilakukan dengan catatan benda tersebut berukuran kecil. Caranya, masukkan benda tadi ke dalam panci lalu isi dengan air sampai seluruh permukaannya tenggelam. Rebus panci ini sampai air di dalamnya mendidih. Matikan kompor dan biarkan air menjadi dingin kembali. Noda lilin pun hilang seketika karena telah meleleh dan bercampur air mendidih.

Perak

Perabotan rumah yang terbuat dari perak mengandung nilai seni yang sangat tinggi. Oleh karena itu, anda harus merawatnya dengan hati-hati agar tidak menimbulkan goresan sama sekali. Caranya masih sama, masukkan barang perak tadi ke dalam freezer selama 20 menit lalu kikis noda lilin yang telah mengeras tadi menggunakan kuku bukan pisau. Setelah itu, bersihkan sekali lagi seluruh permukaan benda tersebut memakai kapas dan alkohol secara merata.

Kayu dan Kain

Apabila terdapat tetesan lilin di benda-benda yang terbuat dari kayu dan kain, anda bisa menghilangkannya memakai setrika. Pertama, tutup permukaan benda yang tertetesi lilin tersebut menggunakan koran. Kedua, nyalakan setrika dan pertahankan suhunya agar hangat. Usahakan suhu setrika tidak terlalu panas karena bisa menimbulkan noda gosong. Ketiga, tempelkan setrika tadi ke koran selama beberapa saat. Dengan demikian, suhu hangat pada setrika akan mencairkan lilin dan lelehannya langsung menempel di koran.