Cara Menghilangkan Noda Hitam di Tembok

Bagaimana cara menghilangkan noda hitam di tembok? Tembok yang kokoh serta bisa berdiri sempurna dengan permukaan bersih dan berwarna menarik merupakan idaman semua orang. Boleh dibilang, tembok ini merupakan salah satu struktur terpenting dari konstruksi bangunan. Bangunan dapat berdiri dengan baik berkat adanya tembok yang menyangga beban struktur dari atas untuk kemudian diteruskan ke struktur-struktur di bawahnya. Oleh karena itu, proses pembangunan tembok melalui pasangan bata harus diperhatikan setepat mungkin.

Bukan tidak mungkin tembok di rumah Anda akan mengalami masalah di kemudian hari. Tugas Anda di sini harus melakukan perawatan semaksimal mungkin guna mengantisipasi terjadinya masalah pada tembok. Kalau misalnya Anda sudah melakukan upaya perawatan tetapi tembok tetap bermasalah, solusinya tentu Anda harus memperbaiki secepatnya. Jika Anda sudah mempunyai anggaran yang cukup, jangan pernah menunda-nunda waktu. Sebab kalau dibiarkan semakin lama, maka kerusakan tadi akan bertambah semakin parah.

cara-menghilangkan-noda-hitam.jpg

Tidak sedikit pembaca setia Arafuru yang mengaku tembok rumahnya bernoda warna hitam. Adanya noda ini menimbulkan panorama yang tidak sedap dipandang. Tembok tadi menjadi kelihatan jorok sehingga mengesankan kalau pemilik rumahnya seorang pemalas dan enggan membersihkan tempat tinggalnya. Padahal timbulnya noda ini bukan disebabkan rumah yang jarang dibersihkan, melainkan karena serangan jamur. Faktor penyebab lainnya yaitu air kotor yang sering mengenai permukaan tembok tersebut sehingga meninggalkan noda.

Anda bisa menghilangkan noda berwarna hitam di permukaan tembok dengan solusi berikut ini!

Solusi I. Memakai Bahan-bahan Alami

Percaya atau tidak, ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan sebagai bahan pembersih. Hebatnya lagi bahan alami tersebut ternyata juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan noda di tembok loh. Berikut ini di antaranya :

  1. Cuka : Anda cukup mengoleskan cuka di tembok, mendiamkannya sebentar, kemudian menggosoknya dengan sikat.
  2. Alkohol : Tuangkan sedikit alkohol pada kain. Lalu usapkan ke dinding yang terkena noda dalam gerakan memutar.
  3. Bedak Bayi : Bahan ini sangat efektif dalam menghilangkan noda di tembok yang masih baru. Anda hanya perlu menaburkannya saja.
  4. Baking Powder : Campurkan baking powder dengan sedikit air. Setelah itu, oleskan campuran ini di tembok dan usap memakai kain.
  5. Jeruk Lemon : Air sari jeruk lemon dicampur dengan sedikit baking powder. Kemudian campuran ini dioleskan pada dinding yang bernoda.
  6. Pasta Gigi : Gunakan pasta gigi dengan sikat untuk membersihkan noda membandel warna hitam pada permukaan dinding.
  7. Asam Sitrat : Campurkan asam sitrat dan air secukupnya. Gosokkan cairan ini memakai kain lap tepat ke permukaan dinding yang bermasalah.

Solusi II. Membasmi Jamur yang Tumbuh

Apabila Anda sudah yakin kalau noda hitam yang ada di tembok disebabkan oleh jamur, Anda harus memberantasnya dengan tuntas. Di sini Anda bisa menggunakan cairan yang sifatnya keras sehingga mampu membunuh jamur tersebut hingga ke akar-akarnya. Anda bisa memakai air aki, cairan pemutih pakaian, bensin, minyak tanah, atau campuran air panas dan deterjen. Silakan Anda siramkan cairan ini ke seluruh area tembok yang bernoda. Setelah menunggu sekitar 30-45 menit, gosok permukaan tembok memakai sikat yang kasar. Kemudian bilaslah menggunakan air yang bersih.

Solusi III. Melakukan Pengecatan Ulang

Ini merupakan solusi yang sangat kami rekomendasikan terutama jika area dinding yang bermasalah cukup luas. Dengan melakukan pengecatan ulang, maka masalah tembok yang dipenuhi noda hitam akan sirna seketika. Namun alangkah baiknya sebelum Anda mengecat kembali tembok tersebut, cari tahu terlebih dahulu apa penyebab utamanya. Kalau noda disebabkan oleh air hujan yang jatuh dari atap bocor, Anda harus memperbaiki kebocoran ini terlebih dahulu. Begitu pula jika penyebabnya ialah dinding yang rembes.

Langkah berikutnya yaitu Anda bisa mengikis lapisan cat yang lama. Hal ini penting sebab akan berpengaruh besar terhadap hasil dari pengecatan baru yang nantinya Anda lakukan. Setelah semua lapisan cat lama berhasil dibersihkan, Anda bisa mengaplikasikan plamir sebagai lapisan cat dasar. Biarkan lapisan ini mengering sempurna selama 24 jam. Keesokan harinya lakukan pengecatan menggunakan warna yang Anda inginkan. Disarankan memakai produk cat yang bersifat waterproof sehingga tembok menjadi aman dari air.