Perawatan
Mar19

Cara Menghilangkan Karat pada Perabotan Dapur

Bagaimana cara menghilangkan karat pada perabotan dapur? Apa yang anda rasakan ketika melihat peralatan dapur kesayangan berkarat? Pastinya sebal sekali ya. Apalagi jika peralatan tersebut merupakan benda kesayangan anda.

cara-mengatasi-karat.jpg

Tapi tenang dulu! Apabila kondisi karat yang menempel pada perabotan dapur tadi belum begitu parah, anda masih bisa menghapusnya dengan trik sederhana kok. Bagaimana caranya?

Alat dan Bahan :

  • Minyak Tanah
  • Asam Sitrat (sitrun)
  • Sabut Kelapa
  • Sabun Cuci Piring

Langkah-langkah :

  1. Rendamlah peralatan dapur yang ada karatnya ke dalam minyak tanah selama kurang lebih 2-3 jam. Biarkan senyawa yang terkandung pada minyak tanah melunakkan karat yang menempel pada permukaan alat-alat ini.
  2. Setelah itu, angkatlah peralatan dapur tadi lalu gosok permukaannya menggunakan sabut kelapa dengan gerakan memutar. Berikan sedikit tekanan agar karat-karatnya terhapus seluruhnya.
  3. Rendam sekali lagi alat-alat dapur ini ke dalam seember air yang telah ditambahkan asam sitrat secukupnya. Biarkan selama beberapa saat supaya karat-karat yang masih tersisa di perabotan akan luntur dengan sendirinya.
  4. Sebagai langkah terakhir, anda bisa mencuci kembali peralatan dapur tersebut memakai sabun cuci piring beraroma lemon agar bau minyak tanah dan asam sitrat-nya hilang. Sehingga seluruh alat dapur ini pun menjadi segar kembali.

Mudah sekali kan? Lebih-lebih, trik di atas terhitung murah meriah dibandingkan dengan cara menghilangkan karat pada perabotan dapur lainnya. Selamat mencoba.