Perawatan
Oct11

Cara Menghilangkan Karat pada Chrome

Bagaimana cara menghilangkan karat pada chrome? Pada umumnya, chrome digunakan sebagai bahan pelapis besi dan baja. Adanya lapisan ini tidak hanya akan mengkilapkan material, tetapi juga mampu melindunginya dari kondisi luar. Hasilnya struktur besi atau baja tersebut akan tetap utuh tanpa mengalami kerusakan.

Sayangnya lapisan chrome lama-kelamaan juga bisa berkarat. Musuh utama dari bahan ini adalah air hujan. Sifat air hujan yang mempunyai tingkat keasaman (pH) yang rendah dapat memicu terjadinya proses oksidasi. Imbasnya adalah muncul karat di atas permukaan bahan chrome.

cara-menghilangkan-karat-chromb.jpg

Tapi tenang, ada cara yang paling mudah untuk menghilangkan karat yang menempel di chrome! Berikut ini panduannya spesial untuk Anda :

Alat dan bahan :

  • Air bersih
  • Kain lap
  • Tanah yang gembur

Langkah-langkah :

  1. Masukkan kain lap ke dalam air supaya basah. Lalu tempelkan kain lap tersebut ke tanah yang gembur.
  2. Gunakan kain lap yang telah bercampur ini untuk mengusap permukaan chrome yang berkarat. Gosok dengan tekanan yang sedang saja hingga lapisan karat yang ada di chrome tadi menghilang.
  3. Setelah beres, Anda bisa membilasnya menggunakan air bersih. Barulah kemudian permukaan chrome tersebut memakai kain lap. Dengan cara ini, karat yang menempel pada chrome pun akan bersih seketika.

Selain cara di atas, ada metode lain yang lebih ampuh terutama untuk membersihkan karat yang membandel. Yuk, ikuti kiat-kiat dari Arafuru ini!

Alat dan bahan :

  • Aluminium foil
  • Air sabun
  • Cuka/garam
  • Air bersih
  • Kain lap

Langkah-langkah :

  1. Tahukah Anda, aluminium foil dapat bereaksi dengan karat secara kimiawi sehingga menghasilkan material karat yang gampang terlepas dari permukaan chrome. Anda tidak perlu khawatir memakai aluminium foil sebab karakteristiknya lebih lembut daripada logam lainnya, jadi tidak akan menimbulkan goresan.
  2. Cuci permukaan chrome yang akan dihilangkan karatnya memakai air sabun. Kemudian gosok sekali lagi menggunakan cuka atau air garam. Kedua cairan ini mampu mempercepat proses kimia pada karat.
  3. Gosokkan aluminium foil tepat pada permukaan chrome yang berkarat. Lakukan gerakan maju dan mundur agar proses pembersihan karat berjalan lebih efektif. Berikan tekanan yang cukup kuat untuk bidang yang tertutupi oleh lapisan karat yang tebal. Selama proses pembersihan berlangsung, Anda juga harus sering mencelupkan aluminium foil yang telah kotor ke dalam air bersih.
  4. Setelah dirasakan lapisan karat yang terdapat pada chrome tersebut menghilang, bilas bidang tersebut menggunakan air bersih. Setelah itu, seka permukaannya dengan kain lap yang kering.
  5. Selamat mencoba.