Perawatan
May24

Cara Menghilangkan Jamur dan Lumut Pada Dinding

Apakah salah satu dinding rumah anda berjamur/berlumut? Ingin menghilangkan jamur dan lumut pada dinding tersebut tapi tidak tahu caranya? Kami punya solusinya untuk anda.

menghilangkan-jamur-dan-lumut-pada-dinding.jpg

Salah satu masalah yang acapkali menimpa dinding adalah jamur dan lumut. Kedua tumbuhan ini muncul manakala kondisi di dinding memungkinkannya untuk tumbuh dan berkembang biak.

Seperti kita ketahui, semua tumbuh-tumbuhan memerlukan air, cahaya matahari, dan karbondioksida untuk dapat hidup. Ketika tembok di rumah anda terkena air terus menerus serta mendapat suplai fotosintesis dari sinar matahari dan karbondioksida, alhasil ladang jamur dan lumut pun akan tumbuh subur di sana.

Jika dibiarkan, tembok yang terkena masalah ini akan menjadi keropos dan tidak padat/gembur. Sehingga, akan berbahaya jika anda berada di dalam bangunan ini karena membuatnya mudah roboh.

Langkah-langkah Pencegahan

Seperti yang sudah kami ungkapkan di atas, ada tiga faktor pemicu tumbuhnya jamur dan lumut di dinding bangunan yaitu :

  1. Air : berasal dari air hujan atau air rembesan
  2. Sinar matahari : berasal dari cahaya matahari
  3. Karbondioksida : berasal dari udara

Dari tiga faktor di atas, faktor yang paling memungkinkan bagi kita untuk mencegahnya agar tidak mengenai dinding adalah air. Mana mungkin kita menghalangi tembok agar tidak terkena cahaya matahari dan udara sedikitpun kan?

Sebenarnya kami pernah membahas solusi mengatasi dinding yang lembab di http://arafuru.com/perawatan/komplit-cara-mengatasi-dinding-basah.html, namun agar lebih menarik berikut ini kami rangkumkan poin-poin pentingnya :

  • Memasang kanopi yang panjang agar curah hujan tidak mengenai dinding
  • Memasang keramik di dinding dapur dan kamar mandi agar air tidak merembes ke dalam dinding
  • Membuat sloof beton untuk melindungi area luar rumah dari rembesan air hujan
  • Menggunaka produk cat anti jamur sebagai pelindung dinding yang ampuh