Cara Menghilangkan Goresan di Lantai Granit

Bagaimana cara menghilangkan goresan di lantai granit? Rumah yang dihiasi dengan lantai granit selalu terlihat mewah berkat kilauan yang dimilikinya. Tak ayal, para pemilik rumah tersebut senantiasa menjaga kondisi dan kebersihannya agar pesona lantai granit tidak pudar. Mereka begitu hati-hati saat berpijak supaya tidak sampai menggores atau melukai permukaan lantai granit. Kan sayang kalau lantai yang harganya mahal namun tampak kusam?

Tetapi apa mau dikatai, seiring dengan berjalannya waktu, penampilan lantai granit yang semula bersih bersinar pun menjadi kehilangan pesonanya. Rupa lantai tersebut lambat laun menjadi kusam serta tidak berkilau lagi. Ada pula noda berupa goresan-goresan yang tersebar secara acak di seluruh sudut ruangan. Bahkan tidak sedikit luka yang cukup dalam menimpa lantai granit tersebut akibat benturan benda-benda yang tajam.

cara-mengkilapkan-lantai-granit.jpg

Apabila rumah Anda juga mengalami masalah yang sama, sebaiknya segera perbaiki goresan di lantai granit tersebut. Sebab kalau goresan tadi terus dibiarkan lama-kelamaan ukurannya akan membesar dan semakin sulit dihilangkan. Walaupun proses pengentasannya lumayan rumit, Anda bisa mencoba mengerjakannya sendiri. Di sini kami akan memberikan panduannya secara lengkap sehingga diharapkan Anda bakal lebih mudah dalam mengikutinya.

Berikut ini langkah-langkah kerjanya :

Langkah 1. Grinding

Proses grinding dilaksanakan untuk meratakan goresan yang terdapat di permukaan lantai granit. Alat yang bisa kita gunakan pada tahap ini adalah batu grinding yang disebut diamond pad. Pengerjaannya dimulai dengan menggunakan diamond pad ukuran 30, 50, 100, 500, 1000, sampai dengan 2000 secara bergantian. Diamond pad ini lantas dipasang di mesin buffing sedemikian rupa kemudian diaplikasikan ke seluruh permukaan lantai granit. Setelah dirasakan permukaan lantai sudah cukup halus, ganti diamond pad dengan ukuran yang lebih halus. Begitu seterusnya.

Langkah 2. Kristalisasi

Proses kristalisasi akan membuat permukaan lantai granit menjadi lebih mengkilap. Di sini kita menggunakan bahan berupa obat serbuk kristal yang bisa Anda beli di www.alatperabotan.com. Taburkan obat tersebut secukupnya di atas lantai granit yang sudah di-grinding. Setelah itu, basahi permukaannya memakai air sedikit demi sedikit. Nyalakan kembali mesin buffing yang telah dipasangi diamond pad ukuran 2000. Kemudian gilaslah obat serbuk kristal tadi dengan mesin buffing secara merata. Kerjakan langkah kedua ini hingga permukaan lantai terlihat bersinar.

Langkah 3. Finishing

Proses finishing dilakukan dengan mengaplikasikan bahan finishing untuk menutupi permukaan lantai granit supaya terlihat semakin menarik dan terlindungi. Anda bisa menggunakan bahan pelapis khusus untuk lantai granit yang berbentuk krim. Kalau kesulitan mendapatkannya, beli saja di www.alatperabotan.com. Oleskan bahan pelapis tersebut di permukaan lantai granit secara merata. Tunggu selama 30-60 menit agar bahan ini terserap ke dalam pori-pori lantai. Setelah kondisi krim pelapis mengering, ratakan menggunakan mesin buffing yang telah dipasangi steel woll.

Ada juga metode lain yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan goresan yang terdapat di permukaan lantai granit. Simak langkah-langkahnya berikut ini!

  1. Bersihkan kotoran, debu, serta akumulasi bahan coating granit yang berlebihan menggunakan wax stripper.
  2. Tambal goresan yang terdapat di lantai granit dengan mengisinya memakai katalis, resin, atau pewarna yang memiliki warna sesuai.
  3. Ratakan permukaan lantai granit dan sambung kembali dengan menggunakan diamond disk yang mempunyai skala besar.
  4. Hilangkah goresan di lantai granit memakai diamond disk dengan skala besar sampai skala kecil secara berturut-turut.
  5. Warnai kembali bekas tambalannya dengan bahan chemical yang memiliki warna sesuai warna alami granit.
  6. Aplikasikan bahan serbuk kristal pada lantai granit tersebut supaya berkilau kembali seperti baru.
  7. Lapisi permukaan lantai granit memakai cairan chemical sealer untuk melindungi material sekaligus mencegah timbulnya flek dan noda membandel.