Perawatan
May19

Cara Menghaluskan Kaca yang Tergores

Benda-benda yang terbuat dari bahan kaca biasanya akan kelihatan mewah. Benda semacam ini bisa diaplikasikan baik di ruangan yang bergaya klasik maupun modern, tergantung detailnya. Tak ayal ada banyak orang yang mengoleksi benda-benda tersebut seperti furniture dan aksesori ruangan. Hal ini tidak lain berkat efek mengkilap yang dimiliki oleh kaca tersebut. Pada saat permukaan benda tadi tertimpa oleh suatu cahaya, maka timbullah kilauan yang indahnya luar biasa.

Sayangnya di balik pesona keindahannya tadi, kaca merupakan material yang rapuh. Kaca mudah pecah menjadi berkeping-keping apabila mendapatkan tekanan, benturan, atau perubahan suhu yang ekstrim. Sedangkan goresan kecil akan menimbulkan baret permanen pada permukaan kaca tersebut. Kalau sudah tergores, kaca akan berkurang daya tariknya. Mungkin juga Anda merasa sedikit malu karena beberapa tamu yang datang berkunjung ke rumah kerap membicarakan goresan tadi.

Goresan pada permukaan kaca biasanya ditimbulkan jika kaca terkena ujung benda-benda yang bersudut tajam. Kejadian tersebut menimbulkan cerukan yang berbentuk garis. Bila mau, Anda sebenarnya bisa menghilangkan goresan tersebut secara mudah. Pada dasarnya Anda hanya perlu meratakan permukaan yang tergores dengan sekitarnya sehingga tidak timbul lagi cerukan. Jadi metode ini hanya bisa digunakan untuk goresan yang berbentuk garis-garis dan ukurannya tidak terlalu lebar.

Alat-alat yang digunakan :

  • Masker
  • Kaca mata anti-debu
  • Alat pembersih kaca
  • Kain microfiber
  • Botol spray
  • Kertas tisu
  • Kain wol

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  • Cairan pembersih kaca
  • Serium oksida
  • Amoniak
  • Air

cara-menghaluskan-permukaan-kaca.jpg

Langkah-langkah pengerjaan :

  1. Mulailah dengan membersihkan permukaan kaca tersebut terlebih dahulu. Anda bisa menyemprotkan cairan pembersih kaca, lalu menyekanya menggunakan kain microfiber. Pastikan permukaan kaca sudah benar-benar bersih dan bebas dari debu.
  2. Tuangkan Serium oksida secukupnya tepat di bagian kaca yang tergores. Kemudian gosok menggunakan kain wol secara merata dan searah. Ingat bagian yang perlu digosok hanya di area yang ada goresannya.
  3. Campurkan 2 gelas air dan 0,5 ons amoniak, lalu aduk sampai tercampur rata. Campuran ini lantas dimasukkan ke dalam botol spray yang telah disiapkan. Semprotkan cairan ini persis di bagian kaca yang tergores, kemudian gosok menggunakan kertas tisu.
  4. Pada saat penggosokan pertama, goresan di permukaan kaca tadi mungkin tidak sepenuhnya hilang. Oleh sebab itu, Anda harus mengulangi langkah 2 dan langkah 3 di atas secara berulang-ulang hingga goresan pada kaca benar-benar hilang.
  5. Metode ini hanya dapat diterapkan untuk menghaluskan kaca yang tergores, di mana goresannya berupa garis-garis halus. Untuk goresan kaca yang terlalu dalam, mau tidak mau Anda harus mengganti keseluruhan kaca karena tidak bisa diperbaiki lagi. Silakan coba kiat-kiat di atas dan semoga berhasil.