Perawatan
Jul7

Cara Mengeraskan Styrofoam/Gabus

Bagaimana caranya mengeraskan styrofoam/gabus? Daur ulang styrofoam bisa Anda lakukan untuk mengubahnya menjadi sebuah benda yang lebih menarik dan bermanfaat. Ide yang paling sederhana yaitu membuat hiasan dinding dari bahan styrofoam. Anda hanya perlu menggambar sketsa terlebih dahulu. Lalu dilanjutkan dengan memotong styrofoam sesuai pola. Akhirnya tempelkan potongan-potongan styrofoam tadi ke dinding.

Kalau mau berkreasi dengan styrofoam yang tekniknya lebih rumit, kami mempunyai ide yang bisa Anda tiru. Anda bisa menyulap styrofoam tersebut menjadi sebuah benda yang bentuknya menarik dan strukturnya keras. Seolah-olah benda yang Anda buat tadi berasal dari bahan plastik. Sehingga benda tersebut dijamin lebih awet dibandingkan dengan kreasi dari styrofoam biasa.

cara-mengeraskan-styrofoam-gabus.jpg

Prinsip dasarnya ialah mengeluarkan udara yang terjebak di dalam styrofoam sehingga hanya tersisa butiran-butiran styrene. Tahap berikutnya, butiran-butiran styrene ini diberi bahan kimia tertentu agar berubah menjadi polystene. Pada awal terjadinya reaksi, wujud polystene ini lembek dan gampang dibentuk. Kemudian setelah didiamkan dalam waktu yang cukup lama, polystene akan mengeras sampai strukturnya menyerupai plastik.

Kalau di rumah Anda ada gabus (styrofoam) bekas, mendingan diolah sedemikian rupa biar menjadi aksesori yang menarik. Hitung-hitung mengisi waktu luang Anda dan membersihkan timbunan sampah di gudang. Struktur styrofoam yang baru saja diberi cairan kimia langsung berubah menjadi lentur seperti plastisin sehingga bisa dibentuk-bentuk dengan mudah sekali. Namun ketika sudah mengering, struktur dari styrofoam buatan Anda tersebut akan mengeras sendiri.

Alat dan Bahan :

  • Styrofoam
  • Acetone
  • Wadah
  • Pisau

Langkah-langkah :

  1. Siapkan styrofoam yang akan Anda kreasikan menjadi sebuah benda yang menarik. Semakin banyak jumlah styrofoam yang bisa Anda kumpulkan akan semakin baik sehingga Anda bisa membuat kreasi yang ukurannya semakin besar.
  2. Siapkan pula acetone yang bisa Anda beli di toko bahan kimia terdekat. Sebagai alternatifnya, Anda juga dapat menggunakan cairan penghilang kutek kuku. Cairan semacam ini kini bisa Anda beli dengan mudah di minimarket.
  3. Potonglah styrofoam memakai pisau agar ukurannya menjadi kecil. Usahakan buatlah potongan styrofoam sekecil mungkin. Masukkan potongan-potongan styrofoam ini ke dalam suatu wadah dari kaca, stainless steel, atau keramik.
  4. Teteskan acetone atau cairan penghilang kutek secukupnya. Bisa Anda perhatikan, struktur styrofoam yang terkena bahan kimia ini akan langsung berubah menjadi lembek. Anda perlu mengaduk selama beberapa saat agar seluruh potongan styrofoam menjadi lembek.
  5. Jika seluruh styrofoam sudah berubah menjadi lembek, sekarang tiba saatnya bagi Anda untuk membentuknya menjadi sebuah benda yang menarik. Bentuklah styrofoam tersebut sesuka hati Anda. Dijamin gampang banget kok membentuknya seperti ketika Anda bermain plastisin. Setelah jadi, tunggu biar styrofoam ini mengering.

Selamat berkreasi!