Perawatan
May3

Cara Mengepel Lantai biar Tidak Bau Amis

Bagaimana cara mengepel lantai biar tidak bau amis? Semua pemilik rumah tentunya ingin lantai huniannya selalu bersih setiap saat. Mereka pun membiasakan diri mengepel lantai rumahnya paling tidak dua kali sehari yaitu pagi dan sore hari. Namun kadang-kadang meskipun sudah dibersihkan secara rutin, lantai masih saja mengalami masalah. Salah satunya ialah lantai memiliki bau amis seperti cairan telur yang cukup menyengat.

Masalah ini sebenarnya sangat sepele dan bisa diatasi dengan mudah sekali oleh Anda asalkan tahu caranya yang paling tepat. Sebisa mungkin hindari penggunaan bahan-bahan pembersih yang alami karena kemampuannya tidak cukup kuat untuk menghilangkan bau amis tersebut. Beberapa cairan pembersih lantai pun hanya sanggup menyingkirkan sebentar bau amis tadi. Lalu setelah permukaan lantai kering, bau tersebut akan muncul kembali.

Ternyata kunci rahasianya terletak pada penggunaan cairan pembersih piring. Seperti kita tahu bersama, cairan pembersih piring mampu membunuh kuman dan bakteri sampai tuntas. Cairan tersebut juga mempunyai aroma wangi lemon yang sangat kuat. Dengan mengepelkan cairan pembersih piring ini di atas permukaan lantai, maka lantai pun lebih terlindungi dan beraroma wangi.

Lantas bagaimana sih caranya mengepel lantai menggunakan cairan pembersih piring?

Alat dan Bahan :

  • Cairan pembersih piring
  • Air
  • Ember
  • Alat pel
  • Sapu

mengepel-lantai-bau-amis.jpg

Langkah-langkah :

  1. Bersihkan seluruh permukaan lantai terlebih dahulu. Caranya dilakukan dengan menyapu lantai tersebut. Pastikan seluruh debu dan kotoran telah hilang. Berikan perhatian yang lebih pada bagian sudut ruangan yang sering kali dipenuhi kotoran.
  2. Siapkan cairan pembersih piring yang mempunyai aroma lemon. Anda boleh menggunakan S*nlight atau M*ma Lem*n. Cukup siapkan cairan pembersih piring ini sebanyak 3 sendok makan.
  3. Tuangkan air ke dalam ember yang berukuran sedang. Kemudian tambahkan cairan pembersih piring ke dalamnya. Aduk-aduk sebentar supaya cairan pembersih piring tercampur dengan air.
  4. Kini saatnya untuk mengepel permukaan lantai. Secara garis besar, langkah-langkahnya sama seperti mengepel lantai biasanya. Anda perlu mencelupkan alat pel ke dalam ember yang telah berisi cairan pembersih, lalu memerasnya sebentar untuk mengurangi kandungan airnya.
  5. Alat pengepel tadi lantas digosokkan ke permukaan lantai secara merata. Ulangi langkah kerja ini sampai seluruh permukaan lantai telah dipel dengan sempurna. Hasilnya lantai pun menjadi bersih dan bersinar. Bau amis yang sebelumnya terdapat di permukaan lantai tersebut kini berganti menjadi aroma lemon yang harum dan segar.

Selamat mencoba!