Perawatan
Sep3

Cara Mengecat Ulang Lantai Kayu

Bagaimana cara mengecat ulang lantai kayu? Pesona lantai kayu selalu berhasil membuat siapapun tergoda untuk mengaplikasikannya di rumah. Bagaimana tidak? Lantai ini terlihat begitu alami dan cocok sekali dipasang di rumah-rumah bergaya tradisional sampai modern.

cara-mengecat-lantai-kayu.jpg

Lantai Kayu

Tetapi keindahan lantai kayu lambat laun akan memudar. Terutama jika tidak dirawat dengan benar, warna lantai bakal mengelupas dan terlihat berkelir keputih-putihan. Solusi yang paling tepat untuk mengembalikan pesona lantai kayu tersebut adalah dengan mengecat ulang permukaannya.

Alat dan Bahan :

  • Ampelas 150-grit
  • Ampelas 220-grit
  • Cat minyak atau cat lateks
  • Kuas
  • Roller
  • Selotip cat
  • Kain lap basah
  • Vacuum cleaner
  • Pembersih kayu
  • Coating

Langkah-langkah :

  1. Gunakan ampelas 150-grid untuk mengikis lapisan cat lama dan meratakan permukaan lantai kayu. Selain itu, hal ini juga bertujuan untuk membuka pori-pori kayu supaya cat bisa menempel sempurna di permukaan lantai.
  2. Kemudian bersihkan serbuk-serbuk kayu bekas proses pengampelasan tadi memakai kain lap basah. Jika diperlukan anda bisa mengepel lantai dengan cairan pembersih khusus kayu agar permukaannya benar-benar bersih.
  3. Biarkan lantai mengering selama 2-3 hari sebelum proses pengecatan dilakukan. Apabila lantai kayu masih lembab, permukaan cat yang ditempelkan bakal bergelombang.
  4. Untuk lantai kayu, cat minyak lebih baik daripada cat lateks karena mampu menutup serat-serat kayu. Ingat jika anda menggunakan cat dasar berbasis minyak, maka cat warnanya pun harus memakai cat minyak. Begitupun sebaliknya.
  5. Penerapan cat hendaknya cukup menggunakan kuas saja. Walaupun cenderung lebih lama, namun pemolesan cat memakai kuas dapat menghasilkan permukaan yang rata dan rapi. Penggunaan roller butuh trik tersendiri supaya cat tidak berbuih. Biarkan cat mengering selama semalaman.
  6. Ampelas sekali lagi seluruh permukaan lantai kayu memakai ampelas 220-grid. Kali ini tujuannya untuk menghaluskan permukaan lantai tersebut.
  7. Pembersihan debu sisa pengampelasan sebaiknya memakai vacuum cleaner. Dilarang menyapu atau bahkan menyeka lantai kayu dengan kertas karena dapat menimbulkan goresan yang bisa merusak pengecatan nantinya.
  8. Saatnya mengaplikasikan cat warna ke lantai kayu. Untuk mempertahankan kesan alami lantai, anda bisa memanfaatkan cat berwarna jernih. Sedangkan bila anda ingin lantai yang lebih ceria, tak ada salahnya menguaskan cat yang berwarna-warni.
  9. Setelah menunggu lapisan cat warna benar-benar kering, anda bisa menutupinya dengan coating atau pelindung cat. Coating ini juga sekaligus berguna untuk membuat permukaan lantai kayu terlihat mengkilap dan berkelas.

Ternyata mudah sekali kan? Selamat mencobanya ya!