Perawatan
Aug14

Cara Mengecat Ulang Furnitur Kayu yang Kusam

Bagaimana cara mengecat ulang furnitur kayu yang kusam? Proses pengecatan furnitur kayu berguna untuk memperbarui tampilannya agar terlihat menarik. Furnitur yang mulanya tampak kusam dan usang bisa terlihat seperti baru lagi hanya dengan mengecat ulang seluruh permukaannya.

cara-mengecat-ulang-furnitur-kayu.jpg

Furnitur Berbahan Kayu

Namun tak segampang kelihatannya, untuk mengecat furnitur kayu anda memerlukan langkah-langkah yang benar. Kesalahan dalam tahap pengecatan bakal mengakibatkan furnitur terlihat amburadul dan tidak menarik lagi. Selain itu, anda juga perlu teliti dan hati-hati supaya pengaplikasian cat tampak rapi.

Alat dan Bahan :

  • Cat
  • Ampelas
  • Dempul
  • Kuas
  • Varnish

Langkah-langkah :

  1. Kikis lapisan cat lama pada furnitur kayu dengan mengampelas seluruh permukaannya. Lakukan secara hati-hati agar tidak menimbulkan goresan yang cukup dalam.
  2. Ulangi proses pengampelasan sekali dengan memakai ampelas yang bertekstur lebih halus. Tujuannya adalah untuk menghaluskan dan meratakan permukaan furnitur kayu tersebut.
  3. Jemur kayu di bawah sinar matahari selama 3-5 hari supaya urat-urat kayunya timbul keluar dan terlihat jelas. Hal ini akan membuat tampilan furnitur tampak semakin mempesona serta bernilai seni tinggi.
  4. Ampelas sekali lagi furnitur kayu tersebut untuk memastikan permukaannya benar-benar halus dan rata.
  5. Terapkan dempul guna menutup permukaan furnitur yang retak atau bolong. Biasanya bagian sudut-sudut furnitur rawan akan hal ini.
  6. Kuaskan cat dengan warna sesuai pilihan ke permukaan furnitur secara merata. Disarankan pakai cat yang mengandung formula anti-rayap sehingga furnitur terlindungi.
  7. Untuk mengkilapkan permukaan furnitur sekaligus melindunginya, anda bisa memoleskan varnish. Penggunaan varnish cukup tipis saja dan menyelubungi seluruh permukaan furnitur.

Jadi sekarang anda sudah tahu kan bagaimana caranya mengecat furnitur kayu yang kusam? Faktanya anda tidak perlu meminta bantuan orang lain untuk memperbarui tampilan furnitur lama di rumah. Hanya dengan bermodalkan ketelatenan, peralatan yang sederhana, dan panduan dari Arafuru.com, anda juga dapat mengerjakannya sendiri. Selamat mencoba!