Perawatan
Dec21

Cara Mengecat Batu Alam Buatan dengan Pernis

Bagaimana cara mengecat batu alam buatan? Siapa sih yang tidak tergoda dengan keindahan alami yang dipancarkan oleh batu alam? Pesonanya terlihat begitu menarik dengan kesan natural dan tradisional yang luar biasa eloknya. Tak heran, saat ini kita bisa dengan mudahnya menemukan batu alam yang banyak diterapkan pada rumah-rumah bergaya kekinian.

Pada artikel sebelumnya, kami pernah memberikan panduan pemasangan batu alam yang baik dan benar. Nah, bagaimana kalau sekarang kita belajar tentang proses pengecatan batu alam? Secara keseluruhan, rangkaian tahap-tahap yang harus dilakukan saat pengecatan pada batu alam ini mudah sekali dikerjakan, terutama bila Anda sudah menguasai teknik dasar pengecatan yang benar.

cara-mengecat-batu-alam-buatan.jpg

Tujuan utama dari pekerjaan pengecatan pada batu alam adalah melindunginya dari cuaca yang ekstrim sekaligus meningkatkan keindahan dari batu alam tersebut. Apalagi jika kita mengingat permukaan batu alam memiliki pori-pori yang berukuran cukup besar. Sehingga apabila ditempatkan di daerah yang lembab, batu ini gampang sekali ditumbuhi lumut dan jamur. Akibatnya, pesona batu alam pun memudar dan rentan mengalami kerusakan menyeluruh.

Pada dasarnya, proses pelapisan cat atau coating di permukaan batu alam dilakukan dengan memanfaatkan pernis yang diformulasikan secara khusus. Produk pernis ini ada yang terbuat dari air (water base) dan minyak (solvent base) serta diracik dengan metode tertentu. Ketika dikuaskan, pernis otomatis akan meresap masuk ke dalam pori-pori batu dan menutupinya. Jadi batu alam kepunyaan Anda pun kini jauh lebih terlindungi.

Alat dan Bahan :

  • Pernis
  • Kuas atau Airbrush
  • Ampelas

Langkah-langkah :

  1. Gosoklah permukaan batu alam menggunakan ampelas supaya permukaannya lebih halus. Ingat ampelas hanya dapat diterapkan untuk batu alam buatan. Sedangkan untuk batu alam jenis andesit, gunung, dan kali, Anda bisa memperhalus permukaannya memakai mesin gerinda.
  2. Setelah permukaan batu tersebut dipastikan halus, Anda dapat membersihkan serbuk-serbuk batu sisa ampelas dengan air. Semprotkan air bertekanan tinggi ke seluruh sudut batu alam, mulai dari bagian teratas hingga yang paling bawah. Kemudian biarkan batu tersebut mengering selama 24 jam penuh.
  3. Keesokan harinya, Anda boleh memulai menerapkan coating. Caranya yaitu kuaskan cairan pernis secara merata ke permukaan batu alam. Ulangi penerapan pernis ini sampai dua kali lapisan dengan jeda 30 menit agar coating benar-benar menutupi seluruh permukaan batu alam. Tidak ada salahnya Anda mengganti kuas dengan airbrush untuk memperoleh hasil coating yang lebih rapi.
  4. Biarkan lapisan coating mengering selama sehari semalam agar hasilnya tampak kian sempurna. Disarankan pula untuk melakukan pekerjaan coating batu alam ini saat cuaca cerah. Sebab jika cuaca terlalu terik maka cat mudah retak, sebaliknya bila cuaca sedang hujan maka cat akan menggelembung.