Perawatan
Jan16

Cara Mengatasi Warna Cat Dinding yang Memudar

Perlu diketahui sebelumnya, warna cat yang diaplikasikan pada dinding rumah memang lama-kelamaan dapat dipastikan akan memudar. Normalnya, perubahan warna cat menjadi keputih-putihan tersebut akan terjadi dalam kurun waktu 3-5 tahun. Jadi ketika warna cat di rumah anda tampak memudar kurang dari 3 tahun, maka besar kemungkinan ada yang tidak beres dengan cat yang anda gunakan atau masalah justru terletak pada tembok rumah anda.

cara-mengatasi-cat-dinding-memudar.jpg

Berbeda dengan bercak air yang hanya timbul di bidang dinding tertentu saja, pemudaran warna cat biasanya terjadi di semua permukaan dinding. Oleh sebab itu, penanganannya harus dilakukan secara menyeluruh. Ikuti panduan dari Arafuru berikut ini :

Alat dan Bahan :

  • Kape
  • Ampelas
  • Wall Sealer
  • Cat Dinding
  • Waterproofing

Langkah-langkah :

  1. Kikis seluruh lapisan cat di dinding ruangan menggunakan kape hingga permukaannya tampak bersih. Kemudian ampelas agar tekstur dinding berporus sehingga kandungan air di dalamnya dapat menguap.
  2. Meskipun pudarnya warna cat lebih sering diakibatkan oleh rusaknya komposisi bahan cat akibat terpaan terik matahari langsung, namun beberapa kasus membuktikan jika kondisi ruangan yang lembab juga bisa mengakibatkan masalah ini. Oleh karena itu, untuk dinding yang berada di lingkungan lembab, sebaiknya diberikan waterproofing sebagai pelindung dinding dari air.
  3. Selanjutnya, kuaskan lapisan wall sealer pada dinding ruangan sebagai lapisan dasar. Usahakan cat dasar yang digunakan ini memiliki kecenderungan tahan terhadap alkali yang menjadi pemicu utama lunturnya warna cat.
  4. Setelah lapisan dasar mengering sempurna, anda bisa mengaplikasikan cat dinding sesuai warna yang disukai. Kualitas cat juga berpengaruh besar terhadap ketahanan warna yang mampu diciptakannya.

Selamat mencoba.