Perawatan
Nov22

Cara Mengatasi Kloset Mampet yang Masuk Akal

Apakah saat ini kloset di rumah Anda sedang mampet? Butuh saran yang efektif bagaimana cara mengatasi masalah tersebut? Kloset yang tidak dipelihara dengan benar sewaktu-waktu bisa memampatkan lubang dan saluran pembuangannya. Alhasil kotoran yang sudah disiram pun tidak mau masuk ke septic tank, malahan balik lagi di ceruk kloset. Bukan hanya terkesan jorok, tetapi hal ini juga akan menimbulkan bau yang menjijikkan.

cara-mengatasi-kloset-mampet.jpg

Ada banyak sekali faktor-faktor yang dapat menyebabkan kloset di rumah mampet. Misalnya isi septic tank kepenuhan atau malah saluran pembuangan yang justru tersumbat. Untuk itu dalam mengatasinya, Anda perlu menemukan sumber penyebab utama kloset mampet tersebut dan memperbaikinya sampai tuntas.

Mengecek Kondisi Septic Tank

Septic tank yang tidak terkontrol cukup lama biasanya bakalan susah dibuka. Triknya adalah bersihkan penutup septic tank tersebut dahulu dari kotoran, kerak, dan tanaman. Setelah itu Anda bisa mengetuk penutup ini dengan palu, menggoyang-goyang ke kiri dan kanan, sambil mengangkatnya ke atas.

Setelah penutup berhasil dibuka, perhatikan kondisi di dalam septic tank. Gunakan senter untuk menyorotnya secara jelas. Jika isi septic tank sudah melebihi batas lubang pembuangan, itu tandanya septic tank sudah terlalu penuh. Anda bisa menghubungi jasa sedot septic tank untuk mengurasnya. Namun bila ternyata isi septic tank masih cukup kosong, berarti penyebab mampet terletak di saluran pembuangan yang tersumbat.

Memeriksa Saluran Pembuangan

Kesalahan dalam penggunaan kloset bisa mengakibatkan saluran pembuangannya tersumbat, baik oleh tinja maupun sampah. Semakin panjang ukuran saluran pembuangan ini, semakin besar pula kemungkinan terjadinya kemampatan. Apalagi jika pipa saluran tersebut berkelok-kelok.

Perbaikannya bisa dilakukan dengan membersihkan lubang pembuangan tadi. Siapkan kawat jemuran/alumunium yang berukuran paling panjang, Anda bisa membelinya di toko bangunan. Siapkan juga kain bekas yang digulung sampai sebesar diameter lubang pembuangan, kemudian ikat menggunakan kawat sampai benar-benar kuat. Hubungkan kawat jemuran dengan kawat yang menggumpal kain tadi dan pastikan tersambung sempurna.

Masukkan kawat tadi secara perlahan-lahan ke dalam lubang kloset, berikan sedikit dorongan agar gumpalan kain bisa memasukinya. Dorong terus sampai batas panjang tongkat kawat tersebut, lalu tarik kembali. Lakukan hal ini berulang-ulang sampai seluruh kotoran yang menyumbat luruh mengalir ke septic tank. Jangan lupa bilas saluran pembuangan ini dengan air panas mendidih untuk menghilangkan lemak-lemak yang menempel.

Membongkar Saluran Pembuangan dan Menggantinya

Metode pembersihan lubang pembuangan kloset di atas hanya bisa dilakukan apabila saluran berukuran cukup pendek dan berbentuk lurus. Sedangkan jika saluran berukuran panjang dan berkelok-kelok, tidak ada cara lain untuk mengatasinya selain melakukan pembongkaran. Walaupun membutuhkan biaya yang mahal, ini merupakan solusi yang paling efektif dan efisien.

Pembongkaran saluran pembuangan dimulai dari bagian sambungan-sambungan pipa peralon yang berbelok. Biasanya di bagian inilah kotoran sering tersangkut dan menyumbat sirkulasi air. Anda bisa membersihkan bagian belokan-belokan ini dari sampah, memasangnya kembali, lalu menguji hasilnya. Namun jika kloset masih tetap mampet berarti Anda harus mengganti saluran tersebut dengan pipa baru yang berdiameter lebih besar.