Cara Mencuci Membran RO yang Benar

Bagaimana cara mencuci membran RO yang benar? Proses pencucian membran RO membutuhkan keterampilan yang cukup tinggi. Hal ini dikarenakan membran yang berfungsi untuk menyerang kandungan logam dan mineral dari air ini memiliki struktur yang ringkih. Kesalahan justru akan mengakibatkan membran tersumbat sampai rusak. Sebagai pemilik mesin reverse osmosis, mau tidak mau Anda harus belajar membersihkan membran RO agar performanya tetap terjaga.

Karena berperan sebagai filter air, lama-kelamaan membran RO akan dipenuhi oleh partikel-partikel kotoran. Partikel ini akan menutupi membran hingga menyumbatnya. Akibatnya adalah air tidak bisa melalui bagian membran yang telah mampat. Tingkat produktivitas mesin reverse osmosis dalam menghasilkan air murni pun akan mengalami penurunan akibat jumlah air baku yang bisa masuk lalu diolah di dalam mesin berkurang secara drastis.

cara-mencuci-membran-ro.jpg

Upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah tersumbatnya membran RO akibat dipenuhi partikel-partikel kotoran ialah membersihkannya secara rutin melalui proses pencucian. Namun tidak sekadar mencuci membran RO menggunakan air, Anda harus melakukannya dengan langkah-langkah yang sesuai prosedur. Berdasarkan metodenya, ada dua ragam pencucian membran RO yakni teknik terbuka dan teknik tertutup. Berikut ini penjelasannya secara lengkap dari masing-masing teknik tersebut!

  1. Pencucian Membran RO dengan Teknik Terbuka

Proses pencucian membran RO menggunakan sistem terbuka diawali dengan mengeluarkan membran tersebut dari dalam housing RO. Setelah itu, membran ini direndam di dalam campuran hyper clean 572 dan air secukupnya selama 6-8 jam. Pastikan semua bagian membran RO tercelup di dalam campuran di atas. Setelah rampung, membran RO bisa dibilas terlebih dahulu menggunakan air bersih. Kemudian membran RO tadi direndam sekali lagi di larutan hyper clean 779 yang telah dicampur air. Proses ini akan membuat kondisi membran RO menjadi bersih kembali.

  1. Pencucian Membran RO dengan Teknik Tertutup

Mencuci membran RO dengan sistem tertutup dilakukan tanpa mengeluarkannya dari housing terlebih dahulu. Jadi membran RO tersebut dicuci sekalian bersama dengan bagian housing RO yang menyertainya. Metode ini paling cocok diaplikasikan terhadap membran-membran RO yang memiliki tipe besar di atas 2000 gpd. Secara keseluruhan, prosedur pencucian menggunakan sistem tertutup ini tidak berbeda dengan sistem terbuka karena sama-sama memanfaatkan hyper clean 572 dan hyper clean 779 sebagai bahan pembersihnya.