Perawatan
May25

Cara Mencegah dan Membasmi Nyamuk Aedes Aegypti di Rumah

Bagaimana cara mencegah dan membasmi nyamuk aedes aegypti yang efektif? Nyamuk aedes aegypti adalah salah satu jenis nyamuk yang sangat terkenal karena mampu menanamkan bibit penyakit demam berdarah ke tubuh manusia. Pada saat nyamuk ini menggigit dan menghisap darah manusia, saat itu pulalah bibit penyakit ini masuk ke aliran darah.

Nyamuk aedes aegypti, ada juga yang menyebutnya nyamuk dengue, bisa ditemukan di semua negara tropis. Di wilayah Asia, terdapat Nyamuk Asian Tiger (aedes albopictus) yang juga berpotensi membawa sumber penyakit demam berdarah.

Tahukah anda, berbeda dengan jenis nyamuk lainnya, nyamuk aedes aegypti senang hidup dan berkembang biak di lingkungan perkotaan dan rumah-rumah. Mereka justru enggan hidup di hutan dan rawa-rawa. Di perumahan, mereka bisa menemukan sumber protein dari darah manusia dalam jumlah yang melimpah sebagai bekal nutrisi bagi pertumbuhan telurnya. Nyamuk aedes aegypti hanya membutuhkan sedikit air sebagai peletakan telur dan perkembangbiakan larvanya.

cara-mencegah-nyamuk.jpg

Siklus Hidup Nyamuk Aedes Aegypti

Semua berawal dari nyamuk dewasa yang mencari tempat di mana terdapat genangan air dalam suatu wadah. Ketika induk tersebut menemukannya, maka ia akan bertelur dan menempelkan telur-telurnya di dinding wadah tadi. Dalam beberapa hari, telur-telur ini akan menetas dan keluarlah jentik-jentik nyamuk yang akan langsung masuk ke dalam air. Setidaknya dibutuhkan waktu antara 7-10 hari agar jentik ini berkembang menjadi nyamuk dewasa setelah melewati tahapan kepompong.

Nyamuk demam berdarah dewasa tidak suka terbang jauh. Mereka hanya akan berkeliling ruangan dalam jarak maksimal antara 50-200 meter untuk mencari makanan (darah manusia) dan tempat bertelur. Jadi ketika ada nyamuk aedes aegypti di rumah anda, mereka tidak akan pergi dengan sendirinya, melainkan anda lah yang harus membasmi dan mengusirnya.

Pencegahan Nyamuk Aedes Aegypti di Rumah

Untuk mencegah nyamuk aedes aegypti berkembang biak di rumah anda, singkirkan tempat-tempat yang bisa menjadi wadah perkembangbiakan nyamuk serta memastikan tidak ada tempat potensial bagi nyamuk di rumah anda juga wajib dilakukan.

Adapun tempat-tempat yang biasa menjadi sarang perkembangbiakan nyamuk antara lain :

  1. Tempat mandi burung : Jika ada tempat mandi burung di taman anda, maka anda perlu menyikatnya secara teratur
  2. Perahu : Bagi anda yang memiliki perahu, usahakan untuk menutupnya dengan rapat saat tidak digunakan
  3. Tanaman Bromelia : Kurangi jumlah tanaman bromelia karena di bagian kuncup daunnya sering terdapat air
  4. Ember : Biasakan menyimpan ember secara terbalik atau di tempat yang tertutup
  5. Genangan Air : Pantau tempat-tempat yang sering terdapat genangan air, kuras, dan perbaiki agar alirannya lancar kembali
  6. Talang : Bersihkan talang dari dedaunan dan kotoran lainnya untuk mencegah terbentuknya genangan air
  7. Daun Palem/Talas : Buang air yang berada di atas daun palem/talas agar nyamuk tidak menaruh telurnya di sini
  8. Wadah Plastik : Simpan wadah plastik secara terbalik, kering, dan di lemari tertutup
  9. Alas Pot : Berikan pasir di alas pot untuk menghisap airnya
  10. Tangki Air Hujan : Periksa kondisi penutup dan pelindung tangki secara berkala
  11. Pot : Berikan lapisan pasir di pot agar permukaan tanahnya tidak lembab
  12. Kain Terpal : Pastikan tidak ada air yang menggenang di atas terpal
  13. Mainan : Simpan mainan anak di kotak tertutup dan pastikan kondisinya kering
  14. Ban : Berikan kain penutup di ban agar tidak menjadi tempat air menggenang
  15. Vas : Ganti air di dalam vas bunga secara teratur

Selain pencegahan melalui pembersihan tempat-tempat yang berpeluang menjadi sarang nyamuk, anda juga bisa menghindarkan rumah dari nyamuk aedes aegypti ini dengan menanam tumbuh-tumbuhan yang dibencinya seperti lavender, geranium, sereh wangi, dan alang-alang. Tanam tumbuhan ini di dalam pot, sehingga anda bisa dengan mudah memindahkannya ke ruangan bila diperlukan.

Nyamuk aedes aegypti biasa hidup di rumah yang gelap atau di sudut-sudut ruangan yang gelap. Berbeda dengan nyamuk lainnya, mereka menghisap darah manusia saat siang hari dan bersembunyi di malam hari. Beberapa tempat favorit persembunyiannya adalah di kolong tempat tidur, di balik tirai, di bawah meja, di belakang lemari, dan tempat-tempat gelap lainnya.

Menggunakan produk anti nyamuk semprot adalah langkah paling efektif untuk membasmi nyamuk aedes aegypti di rumah anda. Sedangkan untuk tempat di mana terjadi wabah demam berdarah, penanganannya adalah melalui teknik pengasapan (fogging).