Perawatan
Nov14

Cara Menambal Pipa PVC yang Bocor

Bagaimana cara menambal pipa PVC yang bocor? Meskipun kemungkinannya sangat kecil, pipa PVC bisa mengalami bocor. Kebocoran pada pipa ini terutama disebabkan oleh kualitas material yang buruk, pemasangan yang salah kaprah, dan benturan yang langsung mengenai paralon. Akibatnya pipa yang menjadi saluran air tersebut mengalami kebocoran sehingga menyebabkan permukaan di sekitarnya menjadi basah.

Selain dapat merusak penampilan rumah akibat bercak-bercak air yang ditimbulkannya, kebocoran pada pipa PVC juga bisa memicu tumbuhnya jamur dan lumut. Bukan hanya itu, lapisan cat pun lama-kelamaan bisa terkelupas apabila dinding selalu dalam kondisi yang basah. Oleh karena itu, perlu adanya upaya untuk memperbaiki pipa PVC yang bocor dengan cara menambalnya.

menambal-pipa-pvc-bocor.png

Lantas, bagaimana sih caranya menambal pipa PVC yang telah mengalami kebocoran? Berikut ini trik selengkapnya!

Alat dan Bahan :

  • Denah pemipaan
  • Sealtape
  • Lem PVC
  • Pipa PVC

Langkah-langkah :

  1. Pada umumnya, arsitek yang membangun rumah Anda menggunakan denah pemipaan ketika merancang jalur instalasi air bersih. Denah tidak hanya berguna untuk membantu mengatur pola pemasangan pipa, tetapi juga bisa dipakai untuk mendeteksi titik-titik mana saja yang rawan mengalami kebocoran. Jika Anda kesulitan mendapatkan denah, cobalah konsultasikan langsung dengan si arsitek tersebut barangkali dia masih mengingat denahnya.
  2. Sediakan sealtape dan lem PVC. Sealtape memiliki bentuk seperti isolasi double-tape yang berwarna putih namun ukurannya lebih tipis. Sealtape ini biasanya digunakan untuk menyambung dua permukaan yang memiliki drat/ulir seperti pipa, keran air, shower, dan lain-lain. Sedangkan lem PVC adalah lem khusus yang biasanya dipakai untuk menempelkan benda-benda yang terbuat dari bahan PVC.
  3. Cari tahu di mana posisi sumber kebocoran air yang sebenarnya pada pipa PVC di rumah Anda. Setelah ketemu, tandailah titik tersebut menggunakan pensil. Barulah kemudian Anda bisa membongkar dinding menggunakan palu dan bor listrik.
  4. Perhatikan kondisi pipa PVC dengan seksama. Jika bagian pipa yang bocor terletak pada sambungannya, Anda bisa melepas sambung tersebut dan menggantinya dengan yang baru. Jangan lupa lapisilah bagian permukaan sambungan yang berulir memakai sealtape supaya ikatannya menjadi lebih kencang dan risiko terjadinya kebocoran pun dapat diminimalisir.
  5. Sementara itu, bila bagian pipa PVC yang bocor ialah sambungan yang tidak mempunyai drat, Anda bisa langsung merapatkan sambungannya memakai lem PVC. Setelah Anda berhasil melepaskan sambungan pipa yang lama, oleskan lem ini secukupnya ke permukaan pipa. Lalu pasanglah kembali pipa dan sambungan tersebut. Tahan posisinya selama beberapa sampai lapisan lem mengering.
  6. Begitu pula apabila bagian yang bocor adalah pada badan pipa. Anda bisa mengandalkan lem PVC untuk menambalnya kembali asalkan kerusakannya hanya berupa keretakan. Perlu diketahui, pipa PVC yang berlubang tidak dapat ditambal dengan lem karena lapisan lem tidak akan mampu menahan kuatnya aliran air. Jadi solusinya, Anda harus memotong jalur pipa yang bocor kemudian menggantinya dengan yang baru.

Perbaikan pipa PVC yang mengalami kebocoran memang terbilang susah dan rumit. Biaya yang harus dikeluarkan untuk mengatasinya pun tidak sedikit. Apalagi jika posisi pipa tersebut ditanamkan di dalam dinding rumah. Guna meminimalisir kemungkinan terjadinya pipa yang bocor, ada baiknya sejak awal pipa PVC perlu dirancang dengan sambungan yang sedikit mungkin.