Perawatan
Oct11

Cara Menambal Kayu Keropos dengan Bubuk Gypsum

Bagaimana cara menambal kayu yang keropos? Kami yakin rumah Anda pasti dipenuhi oleh perabotan-perabotan rumah tangga yang terbuat dari kayu. Anda memilih menggunakan kursi kayu, meja kayu, lemari kayu, rak kayu, dan furniture-furniture kayu lainnya. Bukan tanpa alasan Anda menjatuhkan pilihan kepada benda-benda yang dibuat dengan bahan dasar kayu, sebab perabotan kayu mempunyai kekuatan dan keindahan yang khas. Nilainya pun akan terus mengalami peningkatan seiring dengan pertambahan usianya.

Sayangnya bukan hanya Anda saja yang tertarik dengan kayu, tetapi serangga-serangga perusak (hama) juga menyukainya. Bedanya adalah serangga tersebut akan menunjukkan rasa sukanya dengan memakan kayu sedikit demi sedikit. Akibatnya perabotan kayu yang sebelumnya memiliki permukaan yang mulus dan strukturnya kokoh menjadi berlubang-lubang, keropos, serta tidak menarik lagi. Anda harus waspada terhadap serangan hama pemakan kayu, terutama rayap dan teter sebab dampak kerusakannya sangat fatal.

cara-menambal-kayu-berlubang.jpg

Kalau furniture kayu milik Anda yang terserang hama tadi masih mempunyai struktur yang kuat dan kokoh, sebaiknya jangan dibuang terlebih dahulu. Anda bisa menambal bagian yang keropos untuk menutupi kecacatannya. Dengan demikian, maka permukaan furniture tersebut akan mulus lagi tanpa adanya lubang-lubang kecil. Anda pun dapat memajangnya kembali. Namun ingat proses penambalan ini hanya berfungsi untuk menutupi bagian yang rusak saja. Sedangkan kekuatan furniture tidak akan mengalami peningkatan secara drastis.

Pada pekerjaan kali ini, kita akan memanfaatkan bubuk gypsum sebagai bahan pengisi lubang pada kayu. Anda bisa membelinya di toko bangunan dengan harga yang terjangkau. Bubuk gypsum tersebut selanjutnya akan kita aplikasikan sedemikian rupa menjadi compound. Bubuk gypsum sendiri biasanya digunakan untuk mendukung pekerjaan pemasangan plafon gypsum yang mempunyai ketebalan lebih dari 5 cm. Meskipun begitu, beberapa pekerja juga kerap memakai bubuk gypsum untuk plafon dengan ketebalan board yang lebih tipis.

Alat dan Bahan :

  • Bubuk gypsum
  • Air
  • Wadah
  • Kape
  • Pengaduk

Langkah-langkah :

  1. Tuangkan air ke dalam wadah. Selalu gunakan air bersih untuk pekerjaan pembangunan yang Anda lakukan.
  2. Taburkan bubuk gypsum sedikit demi sedikit ke dalam wadah tadi. Bubuk gypsum pun akan tenggelam bercampur dengan air. Silakan Anda melanjutkan menaburkan bubuk gypsum sampai semua permukaan air tertutupi.
  3. Aduk kedua bahan di atas supaya tercampur merata. Aduklah cukup sebanyak 5-10 kali gerakan memutar. Semakin banyak Anda mengaduk campuran bubuk gypsum dan air tersebut, semakin cepat pula bahan ini bakal mengeras.
  4. Terapkan pasta gypsum yang sudah terbentuk ke bagian furniture kayu yang keropos menggunakan kape. Lakukan pengolesan pasta gypsum dengan lapisan yang tipis, namun bertahap. Jangan terlalu tebal karena dapat mengakibatkan hasilnya tidak rata.
  5. Agar dapat menempel lebih kuat, tahanlah pasta gypsum untuk sementara waktu memakai selotip gypsum yang biasanya terbuat dari kain kasa. Selotip ini bisa dipasang setelah Anda sudah mengisikan pasta gypsum ke bagian furniture kayu yang keropos. Kemudian tutup kembali dengan lapisan pasta gypsum tipis saja.
  6. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa mengaplikasikan lagi pasta gypsum tadi. Buatlah sebanyak 1-2 kali lapisan hingga permukaannya tampak halus sekali. Setelah itu, Anda bisa melakukan pengecatan untuk menyamarkan keberadaannya.