Perawatan
Aug12

Cara Memperbaiki Keran Air yang Bocor dalam 5 Menit!

cara-memperbaiki-keran-yang bocor.jpg

Untuk memperbaiki keran air yang bocor, sebenarnya dapat dilakukan dengan sangat cepat. Asalkan anda mengetahui letak kebocoran dari keran tersebut.

Setidaknya, ada dua penyebab kebocoran pada keran air. Penyebab pertama adalah keran tersebut telah rusak. Sehingga meskipun keran sudah ditutup, masih terdapat sedikit celah di mana air bisa keluar melalui celah tersebut. Hal ini bisa diatasi dengan mengganti keran yang rusak dengan yang baru.

Penyebab kedua terletak pada sambungan antara pipa dan keran. Biasanya, sambungan yang telah lama akan mengendur karena daya rekat lem di dalamnya mulai berkurang. Untuk mengatasinya, cukup dengan mengelem dan menyelotipnya kembali.

Berikut ini, Arafuru bagikan panduan memperbaikinya :

Alat dan Bahan :

  • Keran baru berdiameter sama (bagi yang kerannya rusak)
  • Selotip khusus pipa
  • Lem untuk menyambung PVC
  • Kunci pas

Langkah-langkah :

  1. Matikan semua sumber air, baik dari pompa maupun PAM. (1/2 menit)
  2. Gunakan kunci pas untuk melepaskan keran dari pipa dengan cara memutarnya berlawanan arah jarum jam. Hati-hati saat melakukan ini agar tidak menimbulkan goresan pada keran tersebut. (2 menit)
  3. Jika keran masih bisa digunakan kembali, bersihkan pangkal keran tersebut dari sisa-sisa lem dan selotip lama. Jangan lupa, bersihkan juga lubang pipa PVC dan usahakan bagian pangkal lubangnya telah kering. (1/2 menit)
  4. Setelah semuanya telah bersih dan kering, lilitkanlah selotip pada pangkal tersebut sebanyak kurang lebih lima lilitan. (1/2 menit)
  5. Selanjutnya, oleskan lem pipa pada pangkal keran tersebut dan segera pasangkan pada lubang pipa. Putar-putar searah jarum jam untuk mengencangkan sambungan ini. (1/2 menit)
  6. Kencangkan sekali lagi sambungan tersebut dengan menggunakan kunci pas. (1/2 menit)
  7. Nyalakan sumber air dan cek apakah keran sudah tidak bocor lagi. (1/2 menit)

Mudah kan? Selamat mencobanya di rumah anda.