Perawatan
May6

Cara Memotong Triplek Supaya Lurus dan Rapi

Proses pemotongan triplek harus dilakukan dengan prosedur yang benar supaya hasilnya lurus dan rapi. Jika tidak, maka hasil potongan triplek menjadi kurang bagus. Bagian pinggirannya tidak rata dan permukaannya pun bisa mengalami pecah. Pemotongan yang tidak tepat juga dapat mengakibatkan lapisan vinyl pada permukaan terluar triplek mengelupas.

Perlu diketahui, susunan arah serat pada triplek adalah searah dengan sisi panjangnya. Jadi hindari lah memotong papan kayu ini dengan gerakan melintangi arah serat tersebut sebab berisiko menyebabkan ujung potongannya kasar. Anda bisa menggunakan gergaji jig saw untuk membantu memotong triplek agar hasilnya rapi dan lurus.

cara-memotong-triplek.jpg

Selain arah pemotongan, layout pemotongan papan triplek pun harus diperhatikan supaya penggunaan triplek bisa lebih hemat. Usahakan buat pola untuk potongan yang mempunyai ukuran lebar paling besar terlebih dahulu. Setelah itu, barulah Anda bisa menggambar pola untuk potongan-potongan yang berukuran lebih kecil. Pastikan pula semua potongan yang memiliki ukuran lebar sama atau hampir mirip dibuat dalam satu alar yang sama ke arah panjang sehingga proses pemotongan triplek bisa lebih cepat dan hasilnya pun maksimal.

Di bawah ini merupakan panduan memotong triplek yang benar dari Arafuru!

1. Gunakan Gergaji Khusus

Agar hasilnya bagus, tidak disarankan memakai gergaji biasa untuk memotong triplek. Anda perlu menggunakan gergaji jig saw yang memiliki susunan mata sesuai dengan karakteristik triplek serta dilengkapi dengan konfigurasi kombinasi, sudut, dan jumlah tertentu. Jika Anda memanfaatkan gergaji berjenis table circle saw, cobalah posisikan permukaan triplek yang rata di sebelah atas. Namun sebaliknya bila Anda mengandalkan gergaji dari jenis portable circle saw, permukaan triplek yang rata harus diletakkan di bawah.

2. Haluskan Sisi Luar Triplek

Terkadang triplek hadri dengan kondisi sisi luar yang tidak terlalu halus, baik disebabkan cacat produksi maupun benturan saat distribusi. Supaya dapat diperoleh garis potongan yang baik, Anda perlu menghaluskan sisi luar ini terlebih dahulu. Caranya yaitu belah salah satu bagian sisi panjang dan sisi lebar triplek kurang lebih sejauh 10 mm sebelum Anda melakukan pemotongan.

3. Pasang Selotip Sepanjang Garis Potong

Penempelan selotip di sepanjang garis potong triplek berfungsi untuk menahan lapisan vinyl sehingga tidak mudah terkelupas. Alhasil Anda pun akan mendapatkan potongan yang berkualitas tinggi. Kendati demikian, metode ini hanya cocok diaplikasikan pada pemotongan skala kecil saja. Sebab bila Anda memaksakan diri untuk menerapkannya di produksi dalam jumlah yang banyak, hal ini justru akan mengakibatkan kerugian pada pengoptimalan waktu.

4. Landasi Triplek dengan Kayu

Selain memanfaatkan selotip, Anda juga bisa menggunakan kayu untuk menghasilkan potongan triplek yang rapi. Bahkan peranan kayu ini lebih kuat dan stabil dalam menahan serat pada triplek biar tidak mengalami keretakan. Adapun prosedurnya yakni Anda cukup meletakkan kayu solid ini tepat di bawah lembaran triplek yang ingin dipotong sebagai landasan.