Cara Membuat Kayu agar Terlihat Tua

Bagaimana cara membuat kayu agar terlihat tua? Kayu termasuk salah satu material yang sering digunakan untuk membuat konstruksi bangunan, terutama bangunan-bangunan khas Asia. Sebagai bahan alami, kayu memiliki keunikan tersendiri yang berbeda daripada material-material lainnya. Semakin tua umur kayu tersebut, maka harganya pun akan semakin melambung tinggi. Hal ini dikarenakan kayu tua memiliki tampilan yang sangat mengesankan serta nilai historis yang terkandung di dalamnya.

Kayu tua pada desain rumah banyak digunakan untuk menciptakan dekorasi yang bergaya vintage, klasik, atau industrialis. Kayu ini dibiarkan tampil begitu saja untuk menunjukkan keindahan sejati yang dimilikinya. Pada desain vintage, kayu tua sering dikombinasikan dengan warna-warna yang bersifat lembut seperti putih, krem, atau ungu. Sedangkan dalam desain bergaya klasik, para desainer biasa memadukannya bersama aksesori dari logam. Lain lagi dengan desain industrialis yang kerap menyandingkan kayu tua dan bahan material utuh menjadi satu.

membuat-kayu-terlihat-tua.jpg

Pada umumnya, kayu tua ditandai dengan strukturnya yang kuat dan kokoh. Meskipun tampilan luarnya tampak seperti rapuh/lapuk, sebenarnya kayu seperti ini justru lebih awet. Serat kayu yang tercetak di permukaannya juga kelihatan lebih jelas. Di beberapa bagian kayu tersebut biasanya ada goresan atau belang-belang yang polanya tidak beraturan. Kayu semacam ini yang menjadi incaran dan favorit para kolektor. Apabila anggaran dana Anda terbatas tetapi menginginkan kayu yang tua, Anda bisa mengakalinya dengan solusi di bawah ini!

ALAT DAN BAHAN :

  • Kayu
  • Kawat baja
  • Cuka
  • Teh
  • Kopi
  • Wadah

CARA MEMBUAT :

  1. Rendamlah kawat baja di dalam cairan cuka selama 24 jam. Tujuannya untuk membuat kawat baja tersebut berkarat. Serpihan-serpihan karat inilah yang nantinya kita gunakan untuk menimbulkan kesan tua pada permukaan kayu.
  2. Kemudian seduh teh di wadah yang terpisah. Semakin banyak jumlah teh yang dipakai, maka semakin pekat pula warna cokelat yang dihasilkan. Sedangkan kalau Anda ingin membuat warna cokelat kehitaman, tambahkan pula bubuk kopi.
  3. Siapkan kayu muda yang ingin diubah tampilannya menjadi tua. Bersihkan permukaan tersebut memakai ampelas. Setelah itu, lap menggunakan kain yang kering.
  4. Aplikasikan cairan teh ke kayu tadi dengan menguaskannya beberapa kali sampai diperoleh warna yang sesuai keinginan. Lalu biarkan mengering sendiri selama 30-45 menit. Jangan risau jika warna cokelat pada kayu tadi memudar setelah kering. Anda bisa menguaskan cairan tehnya kembali.
  5. Langkah berikutnya ialah menguaskan cuka yang sudah banyak mengandung serpihan-serpihan karat ke permukaan kayu secara merata. Lakukan pekerjaan ini selama beberapa kali. Kini tampilan kayu tersebut pun kelihatan lebih tua daripada sebelumnya.

Memang ada banyak trik yang dapat dilakukan untuk mengubah tampilan kayu muda biar kelihatan layaknya kayu yang sudah berumur tua. Tetapi kami merekomendasikan metode yang satu ini sebab proses pengerjaannya paling mudah dan hasilnya pun benar-benar kelihatan. Permukaan kayu menjadi berwarna cokelat kehitaman akibat reaksi antara rendaman kawat baja di cuka dengan air teh. Selain itu, alat dan bahan yang digunakan juga bisa dengan mudah kita dapatkan. Pastinya trik ini aman dilakukan karena sama sekali tidak menimbulkan zat-zat beracun.