Perawatan
Dec2

Cara Membuat Dinding Rumah Menjadi Papan Tulis

Apakah Anda ingin membuat dinding rumah menjadi papan tulis? Gampang banget kok caranya. Prinsipnya sih kita tinggal mengecat dinding tersebut memakai cat khusus untuk papan tulis. Biar lebih jelasnya, yuk kita kerjakan bersama-sama!

cara-membuat-dinding-menjadi papan-tulis.jpg

Keberadaan papan tulis di rumah membantu anak-anak untuk menuangkan daya kreatifitas dan imajinasinya dalam bentuk seni tulis. Anak-anak bebas bereksplorasi dan mencoret-coret seluruh bidang tembok semaunya tanpa merasa takut bakal dimarahi. Pun bagi orang dewasa, adanya papan tulis juga bisa menjadi sarana untuk menuliskan memo dan reminder.

Prinsip kerja pembuatan papan tulis di dinding adalah dengan mengecat ulang dinding tersebut memakai warna hitam. Cat yang dipilih wajib menggunakan cat khusus papan tulis, bukan cat tembok atau cat kayu. Biasanya cat ini banyak dijual di toko-toko bangunan dengan harga per kaleng mulai dari Rp 60.000 hingga Rp 120.000. Anda juga bisa membelinya secara online di Toko Alat Perabotan.

Alat dan Bahan :

  • Cat papan tulis
  • Cat dasar/plamur
  • Kuas
  • Roller
  • Penghapus cat (paint remover)
  • Deterjen
  • Spons
  • Koran bekas
  • Ampelas
  • Kape
  • Tangga

Langkah-langkah :

  1. Tentukan dinding sebelah mana yang akan dijadikan sebagai papan tulis. Idealnya papan tulis dibuat dengan memanfaatkan bidang tembok di ruang keluarga, dapur, teras belakang, atau tangga. Selanjutnya keluarkan barang-barang dari ruangan tersebut agar tidak kotor dan memudahkan dalam pengerjaannya.
  2. Sebelum proses pengecatan dimulai, Anda perlu mengikis lapisan cat lama terlebih dahulu supaya cat papan tulis bisa merekat kuat ke permukaan dinding. Anda bisa menggunakan bantuan paint remover sehingga proses pengupasan cat lama berlangsung lebih efektif dan lebih efisien. Baca panduan langkah-langkah selengkapnya di sini.
  3. Kini saatnya untuk mengecat dinding memakai cat khusus papan tulis. Caranya gunakan roller untuk mengaplikasikan cat tersebut secara merata ke permukaan dinding. Sedangkan untuk mengecat bagian pinggirannya supaya lebih rapi, pakailah kuas yang berukuran 3 dim atau setara.
  4. Proses pengecatan dengan cat papan tulis ini dilakukan sebanyak dua kali lapisan agar cat bisa menempel lebih kuat pada dinding. Lapisan pertama berfungsi untuk merekatkan cat ke dinding, sementara lapisan kedua berguna untuk memunculkan warna. Rentang waktu penerapan cat antarlapisan adalah sekitar 30-45 menit.
  5. Papan tulis sudah bisa digunakan setelah mendiamkannya selama 24 jam sampai cat benar-benar mengering sempurna. Disarankan untuk memakai kapur tulis non-toksid supaya aman bagi kesehatan Anda sekeluarga. Tidak hanya kapur putih, Anda juga sebaiknya menyediakan kapur berwarna-warni sehingga goresan di papan tulis terlihat semakin menarik.

Bagaimana mudah bukan untuk membuat dinding rumah menjadi papan tulis? Anda pun dapat mengerjakannya sendiri dengan dibantu oleh keluarga tercinta biar lebih mengasyikkan. Selamat mencoba!