Perawatan
Jan2

Cara Membuat Cairan Pembersih Lantai Kayu

Bagaimana cara membuat cairan pembersih lantai kayu? Lantai kayu atau lantai parket merupakan bahan material penutup lantai bangunan yang cukup digemari karena sanggup menciptakan suasana yang hangat di interior. Dibandingkan dengan lantai keramik atau lantai batu alam, pesona yang dimiliki oleh lantai kayu tidak lekang oleh zaman. Desain rumah apapun cocok dihiasi memakai lantai ini.

Ada tiga jenis lantai kayu antara lain lantai kayu solid, lantai kayu campuran, dan lantai kayu partikel. Walaupun bahan baku yang digunakannya berbeda, tetapi masing-masing dari lantai tersebut mempunyai karakteristik yang sangat mirip satu sama lain. Keunggulan utama lantai kayu ialah awet, tahan lama, dan berumur panjang. Sayangnya lantai ini memiliki kelemahan sebab tidak tahan terhadap perubahan suhu.

cairan-pembersih-lantai-kayu.jpg

Agar daya tahannya semakin lama, lantai kayu wajib dirawat dengan benar. Hindari penggunaan cairan pembersih yang terbuat dari bahan-bahan kimia karena justru dapat merusak warna dan teksturnya secara perlahan-lahan. Pemakaian cairan pembersih kimia pun kadang-kadang dapat menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan. Biar lebih aman, tidak ada salahnya Anda membikin sendiri cairan pembersih lantai kayu dari bahan-bahan alami.

Alat dan Bahan :

  • 2 l air panas
  • 60 ml air sari lemon
  • 90 ml minyak zaitun
  • Ember
  • Sendok
  • Alat pel

Langkah-langkah :

  1. Masukkan 2 liter air panas ke dalam ember. Kemudian tambahkan air sari lemon sebanyak 60 ml. Aduklah kedua bahan ini menggunakan sendok supaya tercampur secara merata. Campuran antara air panas dan air sari lemon ini bisa digunakan sebagai antiseptik yang alami.
  2. Setelah air panas dan air sari lemon tercampur rata, selanjutnya Anda bisa menuangkan minyak zaitun sebanyak 90 ml ke dalam ember. Minyak zaitun merupakan bahan yang sangat ampuh untuk mengkilapkan permukaan lantai kayu. Aduklah bahan-bahan tersebut agar terbentuk cairan yang cukup kental.
  3. Bersihkan seluruh permukaan lantai kayu di rumah Anda terlebih dahulu memakai vacuum cleaner. Pastikan semua sudut-sudutnya juga sudah terbebas dari tumpukan kotoran dan debu. Kalau perlu, cek sekali lagi untuk memastikan bahwa kondisi lantai sudah benar-benar bersih.
  4. Kini saatnya untuk menggunakan cairan pembersih yang telah dibuat tadi. Celupkan kain pel ke dalam ember yang telah berisi cairan pembersih alami buatan Anda. Peras hingga kondisi kain tersebut lembab, tidak basah. Lalu usapkan kain pel ke seluruh permukaan lantai secara merata.

Selamat mencoba!