Perawatan
Jun11

Cara Membersihkan Talenan Kayu yang Benar

Bagaimana cara membersihkan talenan kayu yang benar? Talenan kayu sering digunakan sebagai alas untuk mempersiapkan bahan makanan yang akan dimasak di dapur. Material kayu dipilih karena mempunyai sifat anti bakteri yang dapat mencegah terjadinya kontaminasi makanan. Penggunaan dan perawatan yang benar akan menjaga kebersihan dari talenan kayu yang Anda miliki.

Sayangnya, talenan termasuk salah satu peralatan memasak yang mudah kotor sehingga kerap menjadi sarang bibit penyakit. Hal ini terutama disebabkan oleh goresan pisau yang menyebabkan terbentuknya lubang-lubang dan guratan kecil pada di permukaannya. Itu sebabnya, talenan kayu wajib dicuci dengan benar.

cara-membersihkan-talenan-kayu.jpg

Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda lakukan guna membersihkan talenan kayu sampai tuntas!

  1. Siapkan bahan pembersih alami berupa jeruk lemon dan garam bertekstur kasar. Karena bersifat asam, jeruk lemon efektif dalam menghilangkan bakteri dan kotoran yang ada di permukaan talenan. Begitu pula dengan garam kasar mampu merontokkan noda-noda membandel yang seringkali susah dibersihkan.
  2. Belah jeruk lemon menjadi dua bagian, lalu peras sehingga air sarinya menetes di permukaan talenan. Setelah itu, taburkan garam kasar tepat di atas talenan tersebut sampai merata. Gunakan spons untuk menggosok permukaan talenan kayu dengan gerakan memutar biar efisien. Ulangi proses ini pada sisi talenan yang sebaliknya.
  3. Talenan kayu yang telah diusap memakai jeruk lemon dan garam kasar sebaiknya didiamkan terlebih dahulu selama 5-10 menit agar kotoran-kotoran terangkat seluruhnya. Air jeruk lemon juga mampu mencerahkan warna permukaan kayu lho sehingga talenan kelihatan lebih bersih.
  4. Proses berikutnya yaitu membilas talenan di bawah air yang mengalir. Lakukan pembilasan dengan tuntas sampai tidak ada sisa garam dan lemon lagi di permukaan talenan kayu. Selanjutnya Anda bisa mengelap talenan tersebut memakai kain yang bersih. Selain bersih, talenan kayu Anda pun kini beraroma segar khas lemon.
  5. Simpan lah talenan kau Anda di rak yang benar-benar kering. Jangan pernah meletakkan talenan di tempat yang mempunyai suhu terlalu panas atau terlalu dingin. Hindari juga menyimpan talenan di sudut dapur yang lembab dan berair sebab dapat menimbulkan cendawan dan jamur.

Talenan yang baru sebaiknya dicuci terlebih dahulu menggunakan minyak zaitun. Apabila talenan kayu kepunyaan Anda berwarna kuning kecokelatan, Anda bisa mengatasinya dengan menaburkan soda kue di permukaannya lalu diamkan selama beberapa menit. Kemudian bilas talenan tadi memakai air hangat sampai bersih. Sedangkan talenan yang habis dipakai untuk alas memotong daging perlu dibersihkan menggunakan cuka supaya kumannya hilang.