Perawatan
Aug30

Cara Membersihkan Setrika yang Benar

cara-membersihkan-setrika.jpg

Tanda bahwa setrika di rumah Anda harus segera dibersihkan adalah saat Anda menggunakannya untuk menggosok pakaian, setrika tersebut sudah tidak licin lagi dan serasa ada perlawanan dari pakaian tersebut. Perlu Anda ketahui bahwa ada dua bagian setrika yang perlu dibersihkan. Yang pertama adalah bagian pelat tunggal berupa lempengan besi, bagian ini merupakan besi yang bersentuhan langsung dengan pakaian. Sedangkan bagian kedua adalah reservoir yaitu wadah air yang terbuat dari besi dan berfungsi sebagai tempat menampungnya air untuk keperluan penguapan saat menggosok pakaian. Adapun untuk noda atau kotoran yang menempel di permukaan setrika biasanya disebabkan oleh penggunaan spray, deterjen, dan pelembut saat proses penyetrikaan dilakukan. Bahan-bahan ini juga bisa menutup lubang-lubang kecil tempat keluarnya uap air di setrika.

Berikut ini merupakan langkah-langkah untuk membersihkan setrika :

1. Baca Buku Manual

Membaca kembali buku petunjuk perawatan yang menyertai produk setrika Anda akan memberitahu Anda seputar setrika tersebut dengan tepat. Selain itu, di buku ini juga biasanya dijelaskan apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan terhadap setrika ini. Sebagai contoh, apakah air yang digunakan untuk membersihkan setrika cukup air bersih saja atau ada tambahan cairan tertentu.

2. Bersihkan Bagian Dalam Setrika

Untuk membersihkan reservoir yang terletak di bagian dalam setrika, Anda perlu mengetahuinya terlebih dahulu apakah proses penguapan air di dalamnya berlangsung secara otomatis atau tidak. Apabila proses tersebut dilakukan secara otomatis, maka Anda bisa mengisi air di dalamnya setiap waktu yang disarankan. Sementara itu, jika penguapan dilakukan secara manual, Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan campuran air dan cuka dengan perbandingan 1:1 lalu uapkan setrika tersebut sampai air di dalamnya habis. Ulangi langkah ini dengan air bersi saja untuk membilas bekas campuran air cuka tadi.

3. Bersihkan Permukaan Besi Setrika

Untuk membersihkan permukaan besi setrika, Anda bisa menggunakan bantuan baking soda dan dibersihkan secara perlahan. Sedangkan jika noda yang menempel di pelat besi tersebut bersifat membandel, gunakan bantuan kain wol untuk menghilangkannya. Cara lainnya adalah dengan memakai bantuan kain lembut yang dicelupkan ke dalam air dan deterjen. Jangan lupa untuk mengeringkannya kembali sebelum setrika tersebut siap disimpan atau digunakan lagi.

Beberapa tips lainnya dalam perawatan kebersihan setrika :

  • Alumunium foil dan garam juga bisa digunakan untuk membersihkan pelat besi setrika yang terkena lelehan plastik. Caranya adalah dengan menempatkan kedua bahan ini di atas lelehan plastik, sehingga akan melonggarkan plastik yang menempel di permukaannya. Jangan pernah mencoba untuk mengikis lelehan plastik ini dengan menggunakan bantuan logam keras karena bisa merusak pelat besi secara permanen.
  • Jika lubang-lubang ventilasi uap air setrika tersumbat, Anda bisa menormalkannya kembali dengan menggunakan kapas yang dicelupkan ke dalam larutan air dan cuka. Setelah itu, usap perlahan kapas ini ke dalam lubang-lubang yang tersumbat tadi.

Selamat mencoba.