Perawatan
Feb19

Cara Membersihkan Rumah Secepat Kilat

Bagaimana cara membersihkan rumah dengan cepat? Ini merupakan masalah yang dialami semua pemilik rumah, di mana tempat tinggalnya seperti mudah sekali kotor dan gampang berantakan. Walaupun Anda yakin sudah membersihkannya dengan tuntas, namun tidak lama kemudian rumah menjadi tidak rapi lagi. Lambat laun timbul rasa malas pada diri Anda karena masalah rumah yang kotor ini tidak kunjung selesai.

Rumah merupakan salah satu cerminan dari diri kita. Seseorang yang tinggal di rumah yang senantiasa bersih dan rapi pasti memiliki kebiasaan yang baik. Penghuni rumah tersebut rajin dalam menjaga tempat tinggalnya. Manfaat lainnya yaitu suasana di dalam rumah menjadi terasa nyaman dan lebih menyenangkan sebab kondisinya yang terawat. Anda sekeluarga pun bakal senantiasa sehat karena hidup di hunian yang bebas dari kotoran.

cara-membersihkan-rumah-cepat.jpg

Tetapi bersih-bersih rumah itu tidak segampang kelihatannya. Anda membutuhkan tenaga ekstra dan waktu yang cukup lama untuk membersihkan rumah dan lingkungan sekitarnya. Padahal bersih-bersih rumah wajib dikerjakan setiap hari. Perihal tersebut yang membuat pekerjaan yang tampaknya sepele ini terasa begitu berat untuk dilakukan secara rutin. Untungnya kami mempunyai tips supaya Anda bisa membersihkan rumah dalam waktu yang lebih cepat.

Langkah I. Mulai dari yang Paling Penting

Rahasia utama untuk bisa membersihkan rumah dalam waktu cepat adalah mengutamakan pekerjaan rumah tangga yang paling penting terlebih dahulu. Kalau menurut kami, pekerjaan tersebut antara lain mencuci piring, menyapu lantai, dan merapikan tempat tidur. Barulah kemudian Anda bisa mengerjakan tugas-tugas yang lainnya. Dengan mengutamakan pekerjaan yang penting pertama kali, Anda bisa memaksimalkan tenaga segar yang masih dimiliki. Hasilnya adalah semua pekerjaan berat tadi akan terasa lebih ringan.

Langkah II. Bersihkan Debu Setiap Hari

Debu merupakan partikel-partikel kotoran yang ukurannya sangat kecil. Dalam jumlah yang sedikit, keberadaan debu memang tidak akan mengganggu kita. Tetapi jika terus dibiarkan debu tersebut akan bertambah semakin banyak. Setelah menumpuk barulah debu ini sangat mengganggu. Tidak hanya merusak pemandangan, tetapi juga dapat menimbulkan penyakit. Jangan tunggu debu sampai menumpuk sebab Anda bakal sulit membersihkannya. Sediakan waktu paling tidak 10 menit untuk menyedot semua debu di rumah Anda.

Langkah III. Cukup 10 Pekerjaan per Hari

Sebaiknya Anda menyusun semua daftar pekerjaan rumah tangga yang harus Anda selesaikan. Kemudian kerjakan 10 pekerjaan saja setiap hari. Jangan sampai lebih banyak sebab kami yakin Anda hanya akan membuang-buang waktu dan tenaga. Biarkan diri Anda melaksanakan hanya 10 hal. Prioritaskan pada sesuatu yang memang benar-benar tampak kacau dan perlu dibersihkan. Kalau dirasakan sudah rapi, jangan pernah menyentuh bagian rumah tersebut untuk menatanya kembali.

Langkah IV. Tips Bersihkan Kamar Mandi

Kamar mandi memiliki kondisi yang berbeda dari ruangan-ruanganĀ  lain sebab lingkungannya selalu basah. Akibatnya kamar mandi pun gampang menjadi sarang bibit penyakit, kuman, dan bakteri. Cara paling cepat untuk membersihkannya ialah Anda harus memulai dari kloset. Anda bersihkan kloset terlebih dahulu, kemudian tuangkan sabun cair ke seluruh lantai. Setelah itu, sikatlah mulai dari toilet ke semua sudut ruangan. Trik ini membuat ruangan lebih mudah dibersihkan karena sabun sudah terserap ke pori-pori lantai.

Langkah V. Sembunyikan Kotoran Sejenak

Ada suatu masa di mana Anda diperbolehkan untuk menyembunyikan kotoran sejenak karena keadaan yang mendadak. Misalnya saat akan ada tamu penting yang mau datang berkunjung ke rumah, sedangkan Anda sama sekali belum membersihkan ruangan. Segeralah tinggalkan pekerjaan Anda saat ini untuk membersihkan ruang tamu, ruang keluarga, dan kamar mandi. Bila ada barang-barang yang berantakan, tak perlu repot menyusunnya kembali. Cepatlah ambil barang tersebut dan sembunyikan sebentar di kamar tidur Anda. Dengan begini, rumah tinggal Anda tetap bakal kelihatan bersih dan rapi.