Panduan Membersihkan Oven Gas/Listrik untuk Awam, Anda Pasti Bisa!

Kebanyakan orang mengaku takut sekali kalau disuruh membersihkan oven. Mungkin Anda termasuk salah satunya? Memang benar oven terlihat begitu menyeramkan saat Anda sedang menggunakannya. Oven ini nampak panas sekali dengan api yang membara di dalamnya. Namun sebenarnya, mudah sekali kok membersihkan oven ini. Asalkan Anda mengerjakannya dengan hati-hati dan sesuai prosedur yang tepat, maka oven tadi akan bersih dengan maksimal. Anda pasti bisa membersihkannya sendiri.

Sebelum Anda mulai membersihkan oven, perhatikan terlebih dahulu faktor-faktor di bawah ini karena akan mempengaruhi tingkat kesulitan dalam membersihkan oven yang Anda miliki nanti.

  • Apakah oven dilengkapi fitur pembersih otomatis?
  • Apa saja yang komponen bisa dilepas dari oven?
  • Apakah bahan bakar oven berupa listrik atau gas?

Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas, Anda dapat mengetahui langkah-langkah yang mesti dilakukan untuk membersihkan oven tersebut dengan pasti.

Membersihkan Rak Oven

Anda dapat memulainya dengan membersihkan rak oven terlebih dulu. Untuk membersihkan bagian ini, pertama-tama lepaskan rak oven dari tempatnya. Kemudian rendamlah di dalam wadah berisi air hangat dan sabun cuci piring. Gosoklah perlahan rak tersebut menggunakan sikat sampai bersih. Jika Anda sulit membersihkan kerak yang menempel di panggangan, Anda bisa merendamnya terlebih dahulu selama 20 menit agar luntur. Barulah kemudian rak tadi bisa dibersihkan dengan lebih mudah.

Membersihkan Kompor dan Tombol Oven

– Oven dengan Kompor Gas

Cara membersihkan oven yang menggunaka kompor gas yaitu Anda mesti melepaskan penutup kompor dan penampannya terlebih dahulu. Lalu rendam ke dalam wadah yang berisi air hangat selama 20-30 menit. Anda bisa menggunakan kembali air yang sudah digunakan untuk merendam rak tadi ataupun menggantinya dengan yang baru jika air bekas rendaman sudah terlalu kotor. Bersihkan penutup kompor dan penampan ini dengan bantuan sabun cuci piring. Jangan mengikis menggunakan pisau apabila ada kerak yang menempel di permukaan penampannya.

Apabila Anda perlu membersihkan permukaan kompor, prosesnya akan lebih mudah jikalau penutup kompor ini bisa diangkat terlebih dahulu. Lantas Anda bisa menggunakan kuas untuk mempermudah Anda membersihkan lubang-lubang yang ada di kompor. Pastikan tidak ada benda mencurigakan yang masuk ke dalam lubang-lubang ini. Lakukan proses pembersihan dengan baik sampai hasilnya maksimal. Setelah pembersihan selesai dilakukan, Anda bisa mengeringkannya kembali dengan merangkainya ke dalam oven dan dinyalakan dalam suhu 350 derajat selama 5-10 menit.

– Untuk Oven dengan Kompor Listrik

Berbeda dengan tahap sebelumya, untuk membersihkan oven listrik, Anda harus melepaskan mangkuk reflektor dan rendamnya ke dalam air hangat bercampur sabun sambil digosok perlahan. Anda tak perlu menggosok komponen ini terlalu keras karena dengan usapan sedikit saja mangkuk ini seharusnya sudah bersih. Setelah itu Anda bisa membersihkan daerah di sekitar kumparan pemanas, termasuk di bagian bawah ring. Anda tidak perlu melepas kumparan ini terlebih dahulu ya. Silakan langsung dibersihkan saja sampai bersih tiada kotoran.

Harap diperhatikan, sebelum Anda membersihkan pembakar oven listrik, Anda harus memastikan kalau kondisinya sudah benar-benar dingin. Hal ini semata-mata dilakukan untuk menghindari kecelakaan kerja. Pastikan saat proses pembersihan dilaksanakan, tombol power sudah berada dalam posisi off. Jika Anda perlu melepas tombol-tombol oven untuk dibersihkan, usahakan jangan sampai tombol-tombol ini terkena air ya. Mengapa? Sebab dapat mengganggu kinerjanya nanti. Anda cukup menggunakan kain lap atau tisu dapur untuk mengelapnya hingga bersih.

Fitur Pembersih Oven Otomatis

– Jika Ada

Khusus untuk oven yang telah dilengkapi dengan alat pembersih otomatis, langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk megaktifkannya adalah sebagai berikut :

  1. Kuncilah pintu oven terlebih dulu
  2. Nyalakan fitur pembersih otomatis
  3. Biarkan pembersih ini bekerja

Setelah proses pembersihan selesai, sisa-sisa makanan yang ada di bagian bawah oven harus Anda keluarkan secepat mungkin. Selain itu, selama proses pembersihan dilakukan, jauhkan anak-anak dan hewan peliharaan Anda dari area dapur karena udara di sekitarnya bisa terasa sangat panas serta mengeluarkan bau yang tidak sedap. Sementara itu, apabila Anda memelihara burung di sekitar dapur, sangat tidak disarankan untuk mengaktifkan fitur ini karena asap yang keluar bisa membahayakan burung. Anda harus menjauhkannya dari dapur untuk sementara waktu.

– Jika Tidak Ada

Kalau oven Anda tidak memiliki fitur pembersih otomatis, Anda tak perlu khawatir sebab oven ini masih dapat dibersihkan dengan mudah memakai bantuan spray pembersih oven. Pertama-tama, keluarkan semua sisa-sisa makanan dari dasar oven. Selanjutnya Anda bisa semprotkan spray tersebut ke oven sesuai petunjuk yang tertera di kemasannya. Selain menggunakan spray, Anda bisa memanfaatkan air cuka sebagai bahan pembersih alami. Yang penting adalah Anda harus membilasnya dengan air bersih supaya sisa cuka tersebut tidak menempel di oven.

Membersihkan Bagian Luar Oven

Selain bagian dalamnya, Anda juga perlu membersihkan bagian luar oven. Gunakan pembersih dapur berupa kain atau handuk untuk mengelap bagian permukaan luar oven. Anda juga bisa memakain kain microfiber untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Agar tidak menimbulkan garis-garis setelah dilap, gunakanlah pembersih kaca atau air cuka saat membersihkan oven tersebut. Seka seluruh permukaan luar oven secara merata menggunakan kain lap. Jangan lupa untuk mengusap permukaan oven dengan arah sama menggunakan kain bersih. Anda bisa menyekanya sekali lagi untuk mengeringkannya.

cara-membersihkan-oven.jpg

Menjaga Kebersihan Oven

Salah satu cara untuk menjaga kebersihan oven adalah meminimalisir terjadinya tumpahan makanan pada oven tersebut. Gunakanlah panci yang besar untuk mencegah hal ini terjadi di dalam oven Anda. Jangan lupa untuk selalu mengelap setiap kali ada tumpahan di oven. Tentu saja, untuk bagian di dalam oven harus ditunggu sampai benar-benar dingin terlebih dahulu, baru kemudian dilap dengan bersih. Ini merupakan kebiasaan baik yang harus Anda terapkan di kehidupan sehari-hari. Dengan menjaga kondisi oven supaya senantiasa tetap bersih, Anda tidak perlu membersihkannya terlalu sering.