Perawatan
Oct21

Cara Membersihkan Layar TV LED dari Debu

Apakah Anda mempunyai TV LED di rumah? Ingin agar televisi tersebut selalu bersih dan bebas dari debu? Solusinya adalah Anda harus membersihkan televisi tersebut secara rutin. Tetapi, bagaimana ya cara membersihkan layar TV LED yang benar?

TV LED merupakan perangkat elektronik premium yang harus benar-benar diperhatikan kebersihannya. Harganya yang terhitung mahal membuat Anda sebagai pemilik produk ini pasti menginginkan supaya televisi di rumah tetap awet. Jangan sampai deh televisi baru dibeli setahun tiba-tiba mati total karena mengalami korsleting akibat debu yang menumpuk di dalamnya. Hanya saja, proses pembersihan TV LED ternyata tidak semudah yang dibayangkan.

cara-membersihkan-tv-led.jpg

Anda tidak bisa mengelap permukaan televisi ini seperti halnya pada saat membersihkan kaca. Ini dikarenakan ada banyak komponen penyusun televisi LED yang bersifat sangat rentan. Misalnya jika Anda menggunakan kain lap yang bertekstur kasar untuk menggosok layar televisi, maka dijamin layar tersebut akan tergores. Begitu pula jika Anda mengandalkan cairan pembersih kaca untuk menghilangkan noda membandel pada TV, lama kelamaan warna TV akan semakin memudar.

  1. Membersihkan Seluruh Bagian TV LED

Mulailah dengan mencabut kabel power TV terlebih dahulu. Kemudian bersihkan frame televisi pertama kali menggunakan kain microfiber yang basah. Setelah itu berlanjut menyeka permukaan layar memakai kain pembersih layar dengan gerakan yang searah. Jika masih kotor, Anda bisa menuangkan cairan pembersih khusus layar LED ke permukaan kain lap, lalu usapkan pada permukaan layar sekali lagi. Keringkan TV LED dengan mengangin-anginkannya sebentar. Kemudian pasanglah TV ke posisinya semula.

  1. Mengelap Frame dan Layar

Selalu gunakan kain yang bersih, lembut, kering, dan tidak berserat untuk mengelap frame TV LED. Contoh kain yang bagus ialah kain microfiber/kanebo yang basah. Sedangkan untuk menggosok layar TV, Anda wajib memakai kain lap khusus monitor yang biasanya sudah disertakan dalam produk TV LED. Hindari pemakaian cairan dan bahan kimia apapun selama proses pembersihan. Anda juga sebaiknya tidak menggunakan cairan pembersih yang mengandung alkohol, bensin, amonia, atau thinner. Penggunaan kertas tisu pun dapat menyebabkan timbulnya goresan lho.

  1. Menghilangkan Sidik Jari dan Kotoran Berminyak

Cairan khusus pembersih layar bisa Anda gunakan untuk menghilangkan sidik jari atau kotoran berminyak yang menempel di permukaan televisi. Anda bisa mendapatkan cairan ini di Toko AlatPeraboran.com. Tuanglah cairan tersebut sedikit saja ke permukaan kain lap. Kemudian usapkan pada bagian televisi yang kotor dengan gerakan searah dan berulang-ulang. Jangan memakai cairan pemoles mobil atau pembersih untuk industri karena bisa menghitamkan layar secara permanen.

  1. Menghindari Goresan Selama Pembersihan

Agar permukaan televisi Anda tidak tergores, pakailah kain pembersih layar yang khusus serta hindari penggunaan kain yang memiliki serat kasar. Sedangkan untuk bagian televisi yang lain, Anda bisa memanfaatkan kain microfiber. Kerjakan proses pembersihan ini sesuai dengan panduan yang telah termuat di buku manual. Usahakan posisi televisi tidak mudah dijangkau oleh anak-anak.

  1. Pasang Cover TV LED

Anda bisa memasang cover yang dibuat untuk TV LED guna melindunginya dari kotoran dan debu. Pilih cover yang telah dirancang secara khusus untuk tipe televisi yang Anda miliki. Artinya cover tersebut tetap memiliki bagian-bagian yang berlubang sesuai dengan posisi ventilasi yang terdapat pada casing televisi. Sehingga sirkulasi udara di dalam TV LED tetap terjaga dengan baik. Penggunaan cover sangat direkomendasikan terutama untuk ruangan yang telah dilengkapi dengan AC.