Perawatan
Jun6

Cara Membersihkan Lantai Parket biar Kinclong

Bagaimana cara membersihkan lantai parket biar kinclong? Proses pembersihan lantai parket memang sedikit berbeda dibandingkan dengan keramik maupun batu alam. Bahan bakunya yang berasal dari kayu menyebabkan warna dan permukaan lantai ini gampang mengalami kerusakan jika tidak dirawat dengan benar.

Lantai parket adalah lantai yang terbuat dari papan kayu yang disusun sedemikian rupa. Selain dapat menciptakan kesan tradisional dan alami, lantai ini juga kelihatan mewah berkat lapisan finishing mengkilap yang menutupi permukaannya. Khusus bagi Anda yang menginginkan ketenangann di dalam tempat tinggal cobalah ganti lantai rumah yang sudah ada menggunakan lantai parket.

cara-membersihkan-lantai-parket.jpg

Lantai parket yang terkena debu dan kotoran bisa dibersihkan dengan mudah memakai metode-metode berikut ini :

  1. Sedot Debu dengan Vacuum Cleaner

Karena terbuat dari kayu, lantai parket mempunyai pori-pori di permukaannya. Di pori-pori ini biasanya debu berkumpul dan berubah wujud menjadi noda membandel. Anda harus rajin menyedot debu yang ada di atas lantai dengan vacuum cleaner. Hindari membersihkannya memakai kain pel atau sikat karena dapat menimbulkan goresan pada permukaan lantai.

  1. Bersihkan Sudut Lantai dengan Sapu

Tidak semua bagian ruangan bisa dijangkau oleh vacuum cleaner. Misalnya pada sela-sela lubang dan urat lantai. Anda bisa membersihkan bagian ini memakai sapu kecil atau kain yang lembut. Pembersihan sudut ruangan lebih cepat selesai apabila dikerjakan secara manual dibandingkan dengan mesin pembersih.

  1. Boleh Dipel Memakai Air, Tapi…

Seperti kita tahu, kayu rentan sekali terkena air sebab dapat membuatnya lapuk. Begitu juga dengan lantai parket. Apabila sering terkena air, siap-siap lantai di rumah Anda bakal mengalami kerusakan yang serius. Sebenarnya boleh saja mengepel lantai parket tetapi penggunaan airnya harus seminimal mungkin. Cukup basahi kain pel agar sedikit lembab dan tidak ada air yang menetes, lalu gunakan kain tersebut untuk mengepel lantai parket.

  1. Kiat Mengatasi Noda Membandel

Acapkali kesalahan dalam merawat lantai parket mengakibatkan timbulnya noda membandel di beberapa titik ruangan. Jangan khawatir, kini kan sudah banyak produk pembersih khusus lantai parket yang banyak dijual di pasaran. Sebagai alternatif, Anda bisa kok sedikit demi sedikit menghilangkan noda tadi dengan air hangat dan minyak kayu putih. Pastikan Anda mengusapnya menggunakan kain lap yang lembut ya.