Perawatan
May4

Cara Membersihkan Kulkas yang Benar

Kulkas atau lemari es merupakan titik fokus dekorasi dan pusat kegiatan memasak di lingkungan dapur. Keberadaannya sangat membantu kita dalam mengolah masakan karena berguna sebagai tempat menyimpan makanan agar tidak basi sampai siap untuk dimasak. Sayangnya, penggunaan kulkas sering berlebihan, seperti mengisinya dengan makanan sampai penuh, baik itu makanan yang masih fresh maupun makanan sisa. Saking banyaknya makanan yang disimpan di dalam kulkas, tak jarang ada saja makanan yang terlupakan hingga menjadi kadaluwarsa. Alhasil aroma tidak sedap pun keluar, berkumpul menjadi satu, dan membuat aktifitas memasak jadi tidak menyenangkan.

cara-membersihkan-kulkas.jpg

Berikut ini panduan cara lengkapnya :

1. Keluarkan Makanan dari Kulkas

Buang makanan yang sudah lama dan kadaluarsa ke tempat sampah. Simpan makanan yang masih layak ke wadah yang disertai es agar tetap dingin.

2. Keluarkan Rak dan Laci

Keluarkan semua rak dan laci dari dalam lemari es. Untuk rak dan laci yang terbuat dari plastik dan logam bisa langsung dicuci menggunakan campuran air panas dan sabun. Sementara untuk rak dan laci yang terbuat dari kaca dan keramik sebaiknya dibilas dengan air hangat terlebih dahulu baru kemudian dicuci menggunakan air panas dan sabun agar tidak retak.

3. Lap Bagian Bawah Kulkas

Gunakan kain dengan campuran air bersih dan deterjen untuk membasuh bagian dasar kulkas. Jangan lupa untuk mengusap bagian sisi-sisinya juga dari atas ke bawah agar permukaan yang sudah bersih tidak kotor kembali. Letakkan plastik atau kain di sekitar kulkas agar air tidak membasahi lantai dapur. Bilas kain sampai bersih atau gunakan beberapa lembar kain untuk memastikan kebersihannya. Perhatikan pada bagian celah-celah bawah dan belakang kulkas, di mana sering ada noda membandel di sini. Jangan lupa untuk mengusap bagian bawah pintu juga.

4. Membersihkan Rak dan Laci

Setelah merendam rak dan laci di air panas selama beberapa menit, saatnya Anda membersihkannya. Hati-hati saat membersihkan rak dan laci yang terbuat dari bahan kaca karena licin. Sarung tangan untuk mencuci piring bisa membantu Anda untuk mengatasi kaca yang licin ini.

5. Mengeringkan Bagian Dalam Kulkas

Untuk mengeringkan bagian dalam lemari es, gunakan kain bersih atau handuk. Bersihkan ruangan tersebut sampai benar-benar kering. Jangan lupa juga untuk mengeringkan pintu kulkas.

6. Mengganti Tempat Makanan

Sebelum Anda menaruh kembali makanan ke dalam kulkas, ganti tempat makanan seperti botol jeli atau saus botol yang sudah berkerak di bagian penutupnya, yang telah digunakan. Berhati-hatilah jika Anda memilih membersihkan tempat makanan ini daripada menggantinya, pastikan benar-benar kering sebelum digunakan kembali.

7. Membersihkan Freezer

Untuk panduan membersihkan freezer yang benar Anda bisa membaca artikel ini.

8. Membersihkan Bagian Luar Kulkas

Mulailah membersihkan bagian luar lemari es dari bagian atas dengan menggunakan campuran air hangat dan deterjen. Jika kulkas Anda terbuat dari stainless steel, Anda sebaiknya menggunakan kain lembut yang tidak memiliki serat dengan tambahan cuka untuk menjaga permukaannya tetap mengkilap. Jangan lupa untuk membersihkan pegangan pintu kulkas yang terbuat dari karet dengan sabun dan air hangat. Kotoran biasanya mengumpul di sini dan mengakibatkan kulkas terkesan jorok.

Tips tambahan lainnya dalam membersihkan kulkas :

  • Lap setiap tumpahan makanan yang terjadi dan buang makanan basi setiap minggu untuk menjaga kebersihan kulkas.
  • Tambahkan baking soda ke dalam mangkuk untuk menghilangkan bau kulkas dan freezer.