Perawatan
Jun5

Cara Membersihkan Kulkas sampai Tuntas

Bagaimana cara membersihkan kulkas dengan tuntas? Kulkas adalah tempat penyimpanan bahan makanan. Dianjurkan untuk membersihkan kulkas secara teratur agar senantiasa higienis sehingga kualitas makanan-makanan di dalamnya terjaga dengan baik selama beberapa hari ke depan. Jadi Anda bisa memastikan makanan yang dikonsumsi oleh keluarga Anda tetap sehat.

Proses pembersihan kulkas sebenarnya tidak begitu merepotkan kok. Jika mau, Anda pun bisa melakukannya sendiri di rumah. Dijamin waktu yang dibutuhkan tidak bakal lebih dari satu jam. Manfaat membersihkan kulkas sendiri di samping bisa mengetahui tingkat kelayakan suatu bahan makanan, Anda pun dapat lebih menghargai barang-barang yang telah dibeli.

cara-membersihkan-kulkas.jpg

Biar lebih mudah saat membersihkannya, marilah kita bagi area kulkas menjadi dua bagian yaitu interior dan eksterior.

Langkah-langkah membersihkan interior kulkas :

  1. Semua bahan makanan dan barang-barang yang tersimpan di dalam kulkas perlu dikeluarkan terlebih dahulu ke tempat yang aman. Daging dan ikan yang disimpan di dalam freezer sebaiknya dipindahkan di cooler portable atau termos es. Biasanya sayur-mayur dan buah-buahan tidak mudah rusak apabila diletakkan di ruangan yang bertemperatur normal.
  2. Cuci kotak es batu memakai sabun pencuci piring, lalu rendam di dalam air hangat. Sembari menunggu, Anda bisa mencuci tempat pembeku es. Jangan lupa bagian sudut-sudutnya pun ikut dibersihkan ya karena justru pada sudut tadi kotoran membandel sering menumpuk. Setelah dirasakan beres dan bersih sempurna, Anda bisa membilasnya sampai bersih kembali.
  3. Buang kotoran dan remah-remah yang berhamburan di pintu, laci, dan dinding kulkas. Kemudian usap bagian-bagian tersebut menggunakan kain lap yang sudah dicelupkan ke dalam larutan baking soda. Dibandingkan dengan cuka, baking soda lebih ampuh dalam menghilangkan bau menyengat yang melekat di lemari es.

Langkah-langkah membersihkan eksterior kulkas :

  1. Sedot debu yang biasanya menumpuk di bawah dan daerah pinggiran kulkas memakai vacuum cleaner. Selanjutnya bersihkan pula bagian atas dan seluruh tubuh lemari es dari kotoran dan debu yang menempel. Jika di rumah Anda tidak ada vacuum cleaner, Anda juga bisa mengandalkan kain lap dan sapu.
  2. Siapkan air sabun secukupnya, lalu usapkan cairan tersebut pada sekujur permukaan kulkas bagian luar hingga merata. Khusus untuk kulkas yang terbuat dari bahan stainless steel, Anda bisa membersihkannya memakai cairan pembersih kaca supaya hasilnya tampak bersih bersinar dan mengkilap.

Silahkan melakukannya!