Cara Membersihkan Kaca yang Buram agar Kinclong

Kaca menjadi salah satu elemen yang penting pada desain rumah yang bergaya modern. Kaca mampu berperan dengan baik dalam membawa kesan futuristik dan canggih ke dalam rumah. Rumah tinggal akan tampak jauh lebih modern manakala dihiasi dengan kaca. Efek kilauannya yang muncul ketika permukaan kaca tertimpa cahaya begitu indah. Apalagi kaca mempunyai sifat bening/transparan sehingga bisa menyatukan ruangan yang berbeda.

Kebanyakan kaca diaplikasikan pada pembuatan daun jendela. Tujuannya agar cahaya mentari dapat melalui kaca tersebut dan membuat seisi rumah tampak lebih terang. Namun tak hanya sebatas itu, penerapan kaca saat ini sudah sangat luas. Tren yang sedang populer sekarang adalah menggunakan kaca sebagai partisi. Kaca ditingkatkan lagi fungsinya sebagai pengganti dinding bangunan. Rumah pun terasa semakin lega dengan pemakaian partisi kaca ini.

membersihkan-kaca-yang-buram.jpg

Agar senantiasa terjaga keindahannya, kaca wajib dirawat secara rutin. Minimal Anda perlu membersihkan permukaan kaca tersebut sehingga tak ada noda dan kotoran yang menempel. Kaca yang dipenuhi oleh debu pasti bakal kelihatan tidak menarik dan menimbulkan kesan jorok. Pekerjaan membersihkan kaca sebenarnya tidak terlalu sulit. Anda juga bahkan dapat di sela-sela waktu luang yang dimiliki. Berikut ini panduannya dari Arafuru!

Pasta Gigi untuk Mengilapkan Kaca

Selama ini pasta gigi biasa kita gunakan untuk membersihkan gigi. Namun ternyata pasta gigi juga bisa digunakan untuk membersihkan kaca loh. Bahkan kaca yang dibersihkan memakai pasta gigi ini akan tampak lebih mengkilap. Tak percaya? Coba buktikan sendiri. Caranya yaitu oleskan pasta gigi secukupnya pada kain lap. Lalu gosokkan kain lap tersebut ke permukaan kaca secara merata. Setelah itu, Anda tinggal menggosoknya lagi dengan kain lap yang bersih. Nah, sekarang kaca pun tampak semakin kinclong!

Cuka untuk Mengatasi Kaca yang Buram

Kaca yang buram tidak bisa dibersihkan hanya menggunakan air saja. Setidaknya Anda butuh cairan pembersih kaca untuk mengatasinya. Tapi kalau di rumah Anda sudah ada cuka, cukup gunakan saja cuka tersebut. Cuka terbukti sangat ampuh mengatasi kaca yang buram serta dipenuhi oleh noda minyak. Cuka akan membantu memecah kandungan kimia pada minyak di permukaan jendela. Anda bisa memulai dengan mencampurkan kaca dan air dengan komposisi yang sama. Lantas semprotkan campuran ini ke permukaan kaca dan lap seperti biasa.

Gunakan Kain Lap yang Tepat

Anda tentu membutuhkan kain lap pada saat membersihkan kaca. Namun tidak semua kain bisa digunakan untuk mengelap permukaan kaca. Beberapa kain justru semakin mengotori kaca. Misalnya kertas tisu atau kain yang kasar malah akan meninggalkan serabut-serabut halus. Sebaiknya Anda menggunakan kertas filter kopi karena memiliki daya serap yang sangat tinggi. Jika tidak ada, Anda juga bisa memanfaatkan kertas koran, spons, squeeze, kain katun, atau kertas berwarna putih untuk mengelap kaca yang buram.

Jangan Bersihkan Kaca saat Terik

Anda mungkin selama ini sudah terbiasa membersihkan kaca di siang hari. Padahal di rentang waktu tersebut sangat tidak dianjurkan membersihkan kaca jendela. Pasalnya buih-buih air yang menempel di permukaan kaca akan bertindak menyerupai kaca pembesar. Sinar matahari yang melewati buih-buih air ini akan semakin panas sehingga dapat membakar permukaan kaca dan menimbulkan noda berupa garis-garis halus. Kami sarankan Anda sebaiknya memilih waktu pagi atau sore hari ketika kondisi cuaca sedang berawan.