Cara Membersihkan Kaca Etalase Aluminium yang Buram dan Kusam

Kami yakin Anda pasti mempunyai berbagai perabotan sebagai pengisi rumah, kan? Semua perabotan ini Anda butuhkan untuk mendukung aktivitas Anda sehari-hari. Ada pula furniture yang memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan barang. Misalnya yaitu lemari, kabinet, rak, dan etalase. Khusus etalase, perabotan ini menggunakan kaca sebagai bahan utamanya. Beda dengan lemari, bagian-bagian etalase terbuat dari kaca sehingga memungkinkan barang-barang di dalamnya terlihat jelas dari luar.

Tren yang kini berkembang ialah etalase menggunakan rangka dari aluminium dengan dinding berbahan kaca. Material aluminium dinilai lebih unggul daripada besi sebagai rangka etalase karena bersifat anti-karat. Anda tak perlu cemas rangka etalase aluminium tersebut akan berkarat karena tidak bakal terjadi. Oleh sebab itu, etalase yang terbuat dari aluminium ini lebih disukai. Anda sendiri bisa membeli etalase aluminium yang berkualitas tinggi di www.alatperabotan.com dengan harga yang terjangkau.

cara-membersihkan-etalase-aluminium.jpg

Salah satu bentuk perawatan yang wajib dilakukan terhadap etalase kaca Anda supaya tetap bersih dan terhindar dari kerusakan yaitu membersihkannya secara rutin. Etalase membutuhkan perawatan yang lebih intensif dibandingkan jenis lemari yang lainnya mengingat bahan utamanya yang terbuat dari kaca. Anda mesti rutin membersihkan etalase tersebut agar penampilannya tetap terlihat menarik serta tidak buram ataupun kusam. Cuma memang lumayan sulit dan sedikit tricky untuk membersihkan etalase ini.

Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami untuk membersihkan kaca pada etalase tersebut. Terdapat beberapa bahan alami yang dapat dipakai untuk membuat kaca etalase nampak bersih dan kinclong lagi. Misalnya jeruk nipis, lemon, cuka epel, dan baking soda. Selain akan membuat penampilan kaca menjadi bersih dan juga jernih, penggunaan bahan-bahan alami ini pun akan memberikan aroma menyegarkan di dalam lemari etalase tersebut. Kondisi etalase Anda pun bakal menjadi semakin baik.

cara-membersihkan-kaca-etalase.jpg

Tetapi kalau tidak mau repot, Anda dapat mengandalkan cairan pembersih khusus untuk kaca. Saat ini sudah ada banyak sekali produk pembersih kaca yang tersedia di supermarket, warung, hingga toko bangunan terdekat. Anda bisa menggunakan produk tersebut untuk keperluan membersihkan dinding kaca pada etalase aluminium. Karena memang telah diformulasikan secara khusus untuk membersihkan kaca, bahan ini sangat efektif dalam menyulap kaca etalase yang buram/kusam menjadi bening lagi.

Namun kenyataannya penyebab kaca pada etalase menjadi buram tidak hanya disebabkan oleh debu atau kotoran yang mengenai kaca saja. Ada faktor lain yang harus Anda waspadai karena akan membuat kaca tersebt menjadi kusam dan buram. Apakah itu? Tidak lain adalah kelembaban udara. Kelembaban udara yang terlalu tinggi akan memicu timbulnya uap air. Uap air yang terjebak di dalam etalase akan terus bertambah seiring dengan berjalannya waktu. Inilah yang menyebabkan penampilan kaca menjadi buram, kusam, dan tidak bening.

membersihkan-kaca-etalase-aluminium.jpg

Kabar baiknya, Anda bisa memanfaatkan bahan anti-asap (anti-fogging) yang biasa digunakan pada lensa kamera untuk mencegah menempelnya uap air ini di permukaan bagian dalam kaca etalase. Kalau tidak ada, Anda bisa memakai pasta gigi yang berbentuk gel sebagai penggantinya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  • Cairan pembersih kaca
  • Bahan anti-fogging/pasta gigi
  • Air

Alat-alat yang digunakan :

  • Squeegee (alat pel khusus kaca)
  • Kain microfiber
  • Kemoceng/sulak

Langkah-langkah pengerjaan :

  1. Layaknya membersihkan permukaan lantai, Anda bisa memulainya dengan membersihkan kaca yang menjadi dinding penyekat etalase tersebut terlebih dahulu. Anda bisa memakai kemoceng untuk keperluan menghilangkan partikel-partikel debu dan kotoran yang terdapat di etalase ini. Sapulah etalase Anda dengan kemoceng sampai kondisinya bersih.
  2. Lanjutkan dengan mengelap permukaan kaca pada etalase tersebut menggunakan kain lap yang telah dibasahi air. Kami sarankan pakailah kain microfiber untuk membersihkan kaca sebab lebih efektif menghilangkan kotoran tanpa menimbulkan garis-garis air ataupun goresan. Bersihkan seluruh permukaan kaca sampai tidak ada lagi kotoran yang menempel.
  3. Tunggu beberapa saat sampai kondisi permukaan kaca menjadi kering. Selanjutnya Anda bisa menyemprotkan cairan pembersih kaca secara acak pada permukaan etalase. Kemudian ratakan cairan ini memakai squeegee ke setiap sudut etalase. Gerakkan squeegee dengan gerakan yang searah dan berulang-ulang sampai kaca menjadi bersih dan jernih.
  4. Langkah terakhir ialah Anda harus mengaplikasikan bahan anti-fogging untuk mencegah supaya tidak terbentuk lapisan uap air yang menempel di permukaan kaca etalase. Walau tidak sampai mengotori etalase, tetapi uap air ini harus diwaspadai karena menyebabkan tampilan kaca pada etalase menjadi buram sehingga tidak menarik untuk dilihat.
  5. Kini selesai sudah pekerjaan Anda. Sebaiknya Anda membiarkan terlebih dahulu etalase tersebut sekitar 20-30 menit agar kondisinya mengering dengan sempurna sebelum menggunakannya kembali atau memasukkan barang-barang ke dalamnya. Jagalah kebersihan etalase ini secara berkala. Tidak hanya bagian luarnya saja, tapi Anda juga perlu menjaga kebersihan bagian dalam etalase tersebut.

Selamat bekerja!