Perawatan
Aug11

Cara Membersihkan Freezer yang Benar

cara-membersihkan-freezer.jpg

Freezer merupakan perabotan rumah tangga yang jarang diperhatikan masalah kebersihannya. Hal ini karena freezer selalu dingin, tidak seperti kulkas yang mudah bau. Oleh karena itu, saat kita sadar ingin membersihkannya, kondisi freezer biasanya sudah terlalu kotor.

Berikut ini langkah-langkah dalam membersihkan freezer :

Beberapa peralatan yang diperlukan, antara lain :

  • Spon
  • Handuk atau tisu
  • Cuka atau cairan pembersih lainnya
  • Air
  • Baking soda
  • Sikat gigi

1. Mengosongkan Isi Freezer

Karena Anda tidak bisa membersihkan freezer yang terisi penuh, jadi keluarkan semua makanan yang ada di dalamnya terlebih dahulu sembari menyeleksi mana saja yang masih bisa dimakan dan mana yang harus dibuang. Jika ada banyak makanan yang tersimpan di freezer, disarankan untuk memanfaatkannya terlebih dahulu beberapa hari sebelum Anda mulai membersihkan freezer. Sementara jika sudah sedikit, Anda bisa menyimpannya di luar sambil diletakkan es di sekelilingnya. Penting diingat apabila freezer menyatu dengan kulkas. Anda harus mengosongkan isi kulkas juga.

2. Menghilangkan Bekuan Es di Freezer

Banyak freezer saat ini yang memiliki kemampuan tidak menyebabkan penumpukan es batu di dalamnya. Jika freezer di rumah Anda juga seperti ini, Anda bisa melewatkan langkah kedua ini.

Setelah freezer sudah dikosongkan, cabut listrik dan buka pintunya beberapa saat. Ini dilakukan untuk mencairkan es yang menempel tersebut dan biasanya akan berlangsung beberapa jam, tergantung seberapa banyak es yang menempel. Untuk mempercepat proses ini, Anda bisa mengikisknya perlahan menggunakan bantuan pisau atau spatula. Sementara itu agar air es tidak membasahi lantai di sekitarnya, gunakan handuk dan ember untuk menampung air. Pastikan setiap kali Anda mengusap freezer menggunakan handuk, cuci dahulu handuk tersebut di wastafel sebelum Anda menggunakannya kembali.

Selain itu, untuk mempercepat proses pencairan es, Anda bisa menggunakan hair drier untuk memanaskan udara di dalamnya atau meletakkan semangkuk air mendidih untuk menghangatkannya. Jangan lupa menutup pintu freezer ketika Anda melakukan opsi kedua. Namun, apabila Anda menganggap cara ini berbahaya dan menimbulkan risiko pada freezer, sebaiknya dihindari.

3. Membersihkan Freezer

Sekarang, tanpa makanan atau es yang menghalangi, Anda bisa bebas membersihkan freezer. Mulailah dengan membuang serpihan sayuran, kentang goreng, dan lain-lain menggunakan tangan Anda atau dengan sarung tangan.

Kemudian gunakan air hangat dengan campuran cuka atau produk pembersih khusus freezer untuk mengusap bagian dasar dan sampingnya. Letakkan semangkuk air hangat di samping Anda untuk mempermudah Anda saat membutuhkan air. Setelah itu, usap menggunakan kain bersih atau spon. Jika freezer Anda memiliki laci, keluarkan laci tersebut dan bersihkan di air yang mengalir. Pastikan setelahnya Anda membilas permukaan freezer dengan air bersih untuk menghindari kerusakan atau residu. Juga jangan lupa untuk membersihkan pintu freezer, baik yang bagian dalam maupun yang luarnya, serta sisi atas freezer. Untuk bagian yang sulit dibersihkan, seperti di bagian sisi pintu dan setiap sudut freezer, Anda bisa menggosoknya perlahan dengan menggunakan sikat gigi. Jika ada noda yang membandel, Anda bisa menggosoknya menggunakan larutan pemutih dan air dengan perbandingan 1:3. Ini juga berfungsi untuk mematikan jamur yang hidup di dalamnya.

4. Membuat Freezer Beraroma Segar

Setelah freezer bersih, Anda bisa menghilangkan bau dan menjadikannya segar kembali menggunakan campuran air dan baking soda. Kedepannya Anda bisa menjaga bau freezer ini dengan menjaga makanan jangan sampai tumpah di dalamnya dan membersihkan freezer setiap minggu.

5. Mengeringkan Freezer

Gunakan handuk atau tisu untuk mengeringkan bagian dalam dan luar freezer. Cuci kembali bagian rak freezer setelah dikeringkan, lalu keringkan kembali. Pada langkah ini, Anda bisa menambahkan cooking spray anti-lengket (tanpa rasa) yang berfungsi agar es tidak menempel di dinding freezer.

6. Masukkan Makanan Kembali

Masukkan makanan kembali ke dalam freezer secara terorganisir sehingga akan memudahkan Anda dalam menemukan makanan maupun ketika akan membersihkannya kembali. Misalnya, tempatkan daging di sebelah daging begitupun dengan sayuran dan semua kotak makanan yang sejenis. Catat setiap makanan yang ada di dalam lemari agar lebih mudah dalam merencanakan masakan. Hal ini juga akan membantu Anda mengetahui sampai kapan makanan tersebut masih layak konsumsi. Agar tampilan freezer lebih rapi, cobalah menambahkan rak makanan ke dalam freezer.