Perawatan
Mar26

Cara Membersihkan Dinding, Lantai, dan Kloset Kamar Mandi

Berencana untuk membersihkan kamar mandi hari ini? Kami akan bantu anda supaya mudah dan tuntas dalam melakukannya! Kamar mandi bisa disebut sebagai sarang bakteri di rumah nomor dua setelah dapur. Kondisinya yang selalu lembab menyebabkan kuman-kuman senang berada di dalamnya. Lebih-lebih, di sini juga merupakan area pelepasan bakteri yang melekat di semua tubuh penghuni rumah.

Kamar mandi yang bersih tidak hanya enak dilihat, tetapi juga sehat digunakan. Berikut ini tata cara bagaimana membersihkan kamar mandi di rumah anda selengkapnya :

Perlengkapan yang diperlukan :

  • Sarung tangan karet
  • Sikat pakaian
  • Sikat gigi (bekas)
  • Kain lap
  • Desinfektan
  • Selang air
  • Air sabun

membersihkan-kamar-mandi.jpg

Langkah-langkah :

  1. Mulailah dengan menguras semua air terlebih dahulu. Biarkan kamar mandi kering agar sisa air tidak menjadi markas persembunyian bakteri yang berpindah dari tempat lainnya.
  2. Selanjutnya, keluarkan semua perlengkapan kamar mandi seperti sabun, sikat, shampo, dan sebagainya. Jangan lupa juga untuk melepaskan rak dan kaca.
  3. Setelah itu, basahi seluruh sudut kamar mandi dengan memakai air bersih. Gunakan selang air untuk mempermudah anda dalam mengerjakannya.
  4. Kemudian, semprotkan cairan desinfektan ke bagian dinding dan gosok dengan sikat sampai bersih. Mulailah dengan menyikat dinding bagian atas lalu bawahnya agar dinding yang sudah bersih tidak kotor lagi.
  5. Setelah semua dinding tersikat bersih, anda bisa membilasnya dengan air sekali lagi.
  6. Berikutnya, lap dinding-dinding tersebut untuk memastikan semua kotorannya sudah terangkat. Bilas dengan air bersih sekali lagi.

Apabila pembersihan dinding kamar mandi sudah beres, berikutnya anda bisa beralih untuk membersihkan bagian bak dan lantai. Ada pun caranya masih sama. Pertama bilas dengan air. Selanjutnya disikat sampai bersih dengan bantuan desinfektan. Lalu bilas dengan air. Kemudian lap dengan bantuan air sabun. Terakhir bilas lagi.

Untuk bagian kloset, setelah disikat sampai bersih dengan desinfektan, anda bisa mendiamkannya dahulu agar bakteri dan kuman yang bersarang mati. Lantas bilas dengan air bersih sampai mengkilat.

Sebagai pengganti cairan desinfektan, anda bisa memakai cuka atau sari lemon. Kedua bahan ini paling ampuh untuk digunakan sebagai pembersih alami.