Perawatan
Aug18

Cara Membersihkan Botol Tupperware yang Kotor

Bagaimana cara membersihkan botol tupperware yang kotor? Air minum dibutuhkan oleh semua manusia untuk mendukung aktivitas kesehariannya. Kekurangan air minum akan menyebabkan tubuh merasa lemas hingga mengalami dehidrasi optimal. Kebutuhan air minum untuk orang dewasa minimal 8 liter/hari. Oleh karena itu, kita harus menyediakan air minum yang cukup di dalam botol agar bisa segera diminum setiap kali diperlukan.

Salah satu produk botol air minum yang paling banyak digunakan ialah tupperware. Botol ini dipilih karena kualitasnya yang bagus, awet, dan memiliki pilihan desain yang beragam. Selain itu, harga botol tupperware juga sangat terjangkau. Botol minum tupperware tidak hanya bisa digunakan di rumah, tapi cocok banget dibawa ke tempat kerja atau saat berlibur. Dengan membawa air minum sendiri dari rumah, kebutuhan air yang kita perlukan lebih terjamin.

cara-membersihkan-botol-tupperware.jpg

Namun seiring dengan penggunaannya, lama-kelamaan botol tupperware yang semula bersih dan jernih berubah menjadi kotor. Jika dibiarkan botol tersebut akan dipenuhi noda membandel sehingga tampilannya kusam. Gampang saja kalau harus membersihkan permukaan bagian luar botol karena tinggal memakai spons dan sabun cuci piring. Tapi bagaimana dengan bagian dalam botol yang sulit dijangkau oleh tangan?

Kebanyakan orang akan menggunakan sikat botol khusus yang ukuran pegangannya lebih panjang daripada sikat pada umumnya. Beberapa orang lain bahkan sampai menggunakan gagang kayu untuk menggosok busa yang sudah dimasukkan ke dalam botol tersebut. Memang sih hasilnya bisa bersih, tetapi cara ini sangatlah merepotkan. Noda-noda membandel  yang melekat di permukaan bagian dalam botol juga sulit dihilangkan kalau Anda membersihkannya seperti ini.

Kami mempunyai cara yang jauh lebih mudah dan sederhana untuk membersihkan botol tupperware supaya kelihatan seperti baru lagi!

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  • Sabun cuci piring
  • Sitrun
  • Air

Langkah-langkah :

  1. Siapkan cairan sabun pembersih yang biasa dipakai untuk mencuci piring. Disarankan menggunakan cairan pembersih yang memiliki aroma lemon biar nanti aroma botol Anda menjadi segar. Jadi botol tupperware Anda pun tidak akan berbau lagi sehingga rasa air minum di dalamnya semakin menyegarkan.
  2. Siapkan pula sitrun atau asam sitrat. Sitrun ini merupakan bubuk yang biasanya ditambahkan dalam pembuatan manisan buah. Tetapi karena ketidaksengajaan atau apa, sitrun ternyata bisa juga digunakan sebagai bahan pembersih botol. Bahkan sitrun sangat bagus dipakai untuk mencerahkan warna pakaian dan menghilangkan noda membandel di permukaan kloset.
  3. Untuk membersihkan botol tupperware yang mempunyai volume 1 liter, Anda bisa memasukkan 1 sendok teh cairan pembersih piring dan 1 sendok makan bubuk sitrun ke dalamnya. Sesuaikan jumlah cairan pembersih piring dan sitrun yang digunakan dengan ukuran botol Anda supaya tidak boros. Kemudian tambahkan air sebanyak tiga per empat dari total volume botol tersebut.
  4. Langkah berikutnya adalah kocok botol tupperware tadi hingga busa sabun memenuhi semua ruangan di dalamnya. Kocoklah botol dengan gerakan searah dan tenaga yang cukup kuat biar semua noda terkena oleh gelembung-gelembung sabun. Setelah itu, biarkan botol tersebut semalaman agar cairan pembersihnya bekerja.
  5. Keesokan paginya, Anda bisa mengeluarkan cairan pembersih dari dalam botol tupperware. Bilas terlebih dahulu botol tersebut menggunakan air bersih. Kini botol tupperware milik Anda pun sudah kelihatan bersih lagi seperti baru serta bebas kotoran dan kusam. Sebelum diisi dengan air minum, pastikan Anda membilasnya sekali lagi memakai air panas ya.