Perawatan
Jul10

Cara Memberantas Nyamuk Secara Alami dan Buatan

Bagaimana cara memberantas nyamuk secara alami dan buatan? Nyamuk dikenal sebagai salah satu dari sekian banyak serangga yang dapat mengganggu kenyamanan hidup di rumah. Kesenangannya dalam menghisap darah manusia bakal menyebabkan kulit menjadi berbentol dan terasa gatal. Tak hanya itu, beberapa nyamuk juga bisa menularkan penyakit yang berbahaya seperti demam berdarah, malaria, dan chikungunya.

cara-memberantas-nyamuk.jpg

Nyamuk

Nyamuk suka hidup di tempat yang memiliki tingkat kelembaban cukup tinggi. Kondisi ini dipicu oleh suhu panas di musim kemarau yang gampang mengubah air menjadi uap air. Sehingga jika sirkulasi udara di dalam rumah tidak lancar, maka rumah bakal terlalu lembab.

Untuk memberantas nyamuk, ada berbagai langkah-langkah alami dan buatan yang dapat dilakukan. Di antaranya :

  1. Buatlah interior rumah terlihat terang dan terasa sejuk. Perlu diketahui, nyamuk paling tidak menyukai tempat yang dipenuhi cahaya dan udara segar.
  2. Biasakan membuka jendela saat siang hari dan menutupnya ketika malam agar tingkat kelembaban rumah terjaga. Pasang kawat kasa di ventilasi udara untuk menghalangi nyamuk masuk ke dalam rumah.
  3. Pastikanlah rumah selalu dalam kondisi bersih. Meskipun beberapa jenis nyamuk menyukai tempat yang bersih, namun jumlahnya lebih sedikit daripada nyamuk yang suka tinggal di lingkungan kotor.
  4. Bersihkan taman dari sampah dan dedaunan yang berguguran supaya tidak menjadi wadah menggenang air. Begitupun dengan daun-daun tanaman yang cukup lebar sebaiknya dipangkas agar tidak menampung embun.
  5. Jaga kebersihan tempat-tempat penampungan air. Bersihkan wadah-wadah ini setidaknya seminggu sekali sehingga kehigienisannya terjaga.
  6. Hindari menumpuk pakaian kotor karena dapat menjadi sarang nyamuk. Bila anda belum sempat mencucinya, masukkan pakaian-pakaian kotor ini di wadah khusus yang tertutup.
  7. Segera tutup lemari pakaian sesaat setelah anda mengambil baju dan celana yang diinginkan. Nyamuk juga biasa membuat sarangnya di dalam lemari pakaian yang lembab.
  8. Periksa pakaian anda sekali lagi sebelum masuk ke rumah. Bukan tidak mungkin nyamuk di luar hinggap di pakaian dan terbawa ke dalam rumah bersama anda.
  9. Peliharalah tanaman-tanaman yang dibenci nyamuk seperti geranium, zodia, dan lavender. Taruh tanaman ini di sekitar pintu dan jendela sebagai pagar nyamuk alami.

Selamat mencoba di rumah!