Perawatan
Nov16

Cara Membengkokkan Pipa PVC secara Manual

Apakah Anda sedang mencoba membengkokkan pipa PVC secara manual? Pipa PVC banyak digunakan dalam proses pembuatan instalasi listrik dan air di rumah tangga. Untuk alasan tertentu, beberapa orang mencoba membentuk kembali pipa PVC tersebut agar bentuknya menjadi bengkok. Namun karena pipa ini memiliki tekstur yang keras, Anda membutuhkan trik tersendiri agar pipa tidak retak saat dibengkokkan.

Pabrik atau bengkel biasanya menggunakan alat khusus untuk membengkokkan pipa PVC. Anda bisa mendapatkan alat semacam ini di Toko AlatPerabotan.com dengan nama mesin bending. Mengingat harga alat tersebut yang lumayan mahal, Anda harus memikirkannya secara bijaksana sebelum benar-benar membelinya. Jika Anda hanya menggunakan alat tersebut sekali atau dua kali, rasanya hanya akan membuang uang saja.

cara-membengkokkan-pipa-pvc.jpg

Sebagai alternatif, Anda bisa membengkokkan pipa PVC sendiri dengan metode manual. Pada dasarnya teknik ini dilakukan dengan memanaskan pipa terlebih dahulu supaya strukturnya menjadi agak elastis, lalu dibengkokkan sesegera mungkin. Asalkan Anda mau dan berniat melakukannya, kami yakin Anda pun pasti bisa mengubah pipa yang tadinya lurus menjadi bengkok dan rapi.

Sebelumnya kami ingatkan bahwa teknik ini hanya bisa digunakan untuk membengkokkan pipa PVC yang memiliki diameter maksimal berukuran 2 inci atau sekitar 60 mm. Jika ukuran pipa PVC yang akan dibengkokkan lebih dari 2 inci, maka Anda membutuhkan proses pemanasan yang lebih lama dan tenaga yang lebih ekstra. Hasilnya pun tidak akan terlalu rapi.

Alat dan Bahan :

  • Pipa PVC
  • Pasir halus
  • Kompor gas
  • Sarung tangan

Langkah-langkah :

  1. Mulailah dengan memasukkan pasir halus ke dalam pipa PVC yang akan dibengkokkan hingga memenuhi seluruh rongganya. Pastikan timbunan pasir di dalam rongga pipa tersebut telah padat. Setelah dipastikan pasir sudah benar-benar padat, Anda bisa menutup kedua lubang pipa untuk mencegah pasir dapat keluar. Tutup yang dipakai harus memiliki lubang sebagai saluran udara panas agar bisa keluar. Perlu diketahui, pasir berguna untuk menahan bentuk rongga pipa PVC saat dipanaskan sehingga bentuknya tidak akan mengalami perubahan seperti gepeng atau mengecil.
  2. Usahakan proses pemanasan pipa PVC dilakukan di tempat yang terbuka karena dapat menghasilkan gas yang beracun. Anda bisa menyiapkan kompor gas di pekarangan misalnya. Lalu nyalakan kompor tersebut dengan api yang berukuran besar.
  3. Letakkan bagian pipa PVC yang akan dibengkokkan tepat di atas api. Ingat pipa dipanaskan di atas api, bukan pipa dibakar di bara api. Jadi usahakan pipa jangan sampai terkena lidah Putarlah posisi pipa ini secara perlahan-lahan agar panasnya menyebar merata ke seluruh bagian pipa.
  4. Proses pemanasan pipa biasanya berlangsung selama 3-5 menit. Setelah dipanaskan, struktur pipa ini akan menjadi sangat lunak sehingga mudah dibengkokkan. Cara membengkokkannya adalah menarik ujung pipa satu dan ujung lainnya sehingga pada batang pipa yang dimaksud akan bengkok.
  5. Agar bentuk bengkok yang dihasilkannya rapi, Anda harus menggunakan mal sebagai cetakannya. Mal ini berupa suatu benda apapun yang berbentuk tabung. Pada saat struktur bodi pipa sudah melunak, Anda bisa segera mengangkatnya dari atas kompor. Bodi pipa tersebut lantas ditempelkan ke badan mal kemudian cepat tarik kedua ujungnya. Alhasil bentuk pipa pun akan menjadi bengkok sesuai dengan bentuk badan mal sehingga lebih rapi.