Perawatan
May17

Cara Membasmi Rumput Liar (Gulma) di Rumah

Ingin membasmi rumput liar yang terus-menerus tumbuh di sekitar rumah walaupun anda sudah mencabutnya berkali-kali? Gampang! Kami punya solusinya yang ampuh untuk anda semua. Pada dasarnya, pengertian gulma adalah semua tumbuh-tumbuhan yang hidup dan berkembang biak di tempat yang salah. Kehadirannya tidak diinginkan karena mengganggu proses pertumbuhan tanaman utama, baik mengambil oksigen maupun pupuk. Beberapa gulma, seperti rumput liar, bahkan mampu merusak kehidupan tumbuhan utama yang ditanam.

Perlu Arafuru tegaskan bahwa sebenarnya anda tidak bisa mencegah rumput liar untuk tumbuh di halaman rumah. Hal ini dikarenakan ada banyak faktor yang memicu tumbuhnya rumput ini. Misalnya saja benih yang diterbangkan oleh angin, benih yang ada di kotoran binatang, sistem akar rumput yang begitu rumit, dan sebagainya. Meskipun begitu, anda masih bisa memperlambat atau mengendalikan tingkat pertumbuhan rumput liar sehingga tidak berbahaya.

membasmi-rumput-liar.jpg

Berikut ini beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk membasmi rumput liar sekaligus mengendalikannya :

Rumput Liar di Tanah Terbuka

Tanah terbuka yang belum diolah biasanya menjadi sasaran empuk bagi rumput liar untuk mendirikan kerajaannya. Untuk mengatasi hal ini, siapkan pupuk kompos atau sampah organik secukupnya. Kemudian, sebarkan pupuk ini secara merata menutupi seluruh permukaan tanah. Langkah ini berguna untuk mempertahankan tingkat kelembaban tanah sehingga rumput-rumput tidak bisa tumbuh dan membusuk.

Sementara itu, anda bisa menjaga tanah yang belum diolah ini juga dengan menutupnya memakai koran bekas, plastik hitam, atau karpet bekas. Cara ini dilakukan untuk menghalangi rumput mendapatkan sinar matahari sehingga mereka tidak dapat berfotosintesis.

Rumput Liar di Pojok Taman

Tahukah anda, pencabutan rumput liar secara manual hanya bisa memberantasnya dalam waktu sesaat. Tidak perlu menunggu lama, rumput-rumput pun akan tumbuh kembali. Yang benar, anda harus mencangkul tanah agar bisa membuang rumput liar beserta akar-akarnya. Tentunya hal ini harus sesegera mungkin dilakukan, mengingat tingkat perkembangbiakan rumput liar terbilang cukup cepat.

Beberapa jenis rumput liar bahkan memiliki umbi yang menjadi cikal bakal dari beberapa rumput yang tumbuh secara menyebar. Ciri-ciri dari rumput jenis ini adalah memiliki daun yang berurutan sepanjang batang dalam tiga baris, titik tumbuh tersembunyi, penampang lintang batang berbentuk segitiga membulat dan tidak berongga, serta tidak memiliki lidah daun. Pembasmian rumput jenis ini agak sedikit lebih sulit karena anda harus membuang umbi yang tertanam di dalam tanah tersebut.

Hindari penggunaan herbisida untuk membasmi gulma kecuali memang terpaksa. Herbisida mengandung zat kimia beracun yang bisa mengubah sifat dan komponen penyusun tanah. Anda harus mengolah tanah selama 2-3 bulan untuk memastikan tanah siap ditanami.

Rumput Liar di Paving/Jalanan

Gunakan pisau atau sikat berserat kasar untuk mengikis benih rumput liar yang menempel di paving. Tetapi jika daerah paving tersebut berukuran luas, tentu cara ini akan tidak efektif. Sebagai alternatifnya, silahkan anda memakai semprotan api (mirip seperti mesin las) untuk membunuh benihnya.

Rumput Liar di Halaman

Saat ini, ada berbagai macam pestisida untuk mengendalikan rumput. Jika anda lebih memilih herbisida, ada cara aman dalam penggunaannya. Yakni cukup dengan mengoleskan herbisida ini ke daun/batang tumbuhan tanpa mengenai tanah. Niscaya lambat laun, rumput pun menjadi layu dan mati.

Pengendalian rumput liar bisa juga dengan menanam rumput hias yang mampu melawannya. Rumput jepang dan rumput gajah akan berlomba-lomba menyerap nutrisi tanah dan tidak memberi peluang bagi rumput liar untuk tumbuh di halaman.

Untuk rumput liar yang berbunga, pastikan anda telah mengamankan bunga tersebut. Sebab, karena pertumbuhannya yang mudah dan cepat, rumput liar bisa tumbuh hanya bermodalkan biji yang ada di bunganya.

Rumput Liar di Pot

Kadang-kadang rumput liar bisa juga tumbuh di pot dan menghabiskan semua nutrisi di dalamnya. Mencabut rumput sampai ke akarnya merupakan solusi yang efektif. Jangan lupa, tutupi pot dengan pupuk kompos untuk menghalangi pertumbuhan gulma. Kerikil atau kulit kerang juga bisa menggantikan posisi pupuk sekaligus memperindah tampilan pot.