Perawatan
May13

Cara Membasmi Kutu Rambut dan Telurnya dengan Cepat

Membasmi kutu rambut membutuhkan ketelatenan yang cukup tinggi. Sebab, hewan yang satu ini tergolong cepat berkembang biak. Sepuluh kutu berhasil anda basmi, tiga puluh ekor anak kutu lahir kembali. Sudah tahun 2014, apakah anda masih memiliki kutu rambut di kepala anda? Pastinya malu sekali bukan. Apalagi jika saat berada di keramaian orang, anda merasakan gatal yang luar biasa akibat gigitan kutu ini. Ingin menggaruk-garuk kepala tetapi gengsi dengan orang di sekeliling anda.

Seperti namanya, kutu rambut merupakan hewan sejenis kutu yang biasa hidup di rambut. Hewan ini biasanya menggigit kulit kepala manusia untuk menghisap darahnya. Berikut ini macam-macam cara untuk membasmi kutu rambut sampai tuntas :

membasmi-kutu-busuk.jpg

1. Kapur Ajaib

Kapur ajaib ini memang sangat ampuh membasmi berbagai serangga, tak terkecuali kutu rambut. Hebatnya, tidak hanya kutu saja yang mati, telur-telurnya pun lambat laun akan “mati” dan tidak menetas lagi.

Adapun cara penggunaannya sangat mudah. Anda cukup menggoreskan kapur ini ke kulit kepala orang yang terkena kutu. Lalu biarkan semalaman dan bilas di pagi harinya. Sebaiknya langkah ini dilakukan saat orang tersebut sedang tidur karena akan menimbulkan efek sedikit panas pada kulit kepala.

2. Shampo Mint

Daun mint merupakan bahan pembasmi serangga alami. Untungnya, saat ini anda bisa menemukan shampo berbahan mint sehingga tidak perlu repot lagi mengolahnya.

Cara pemakaiannya yaitu bilas rambut anda dengan shampo dan biarkan selama satu jam agar kutu-kutu menjadi mabuk. Kemudian, keramaslah di air yang mengalir deras agar kutu-kutu tadi turut terseret arus air juga.

3. Daun Sirih

Seperti kita ketahui, daun sirih merupakan desinfektan alami. Kandungan nutrisi di dalamnya mampu menyucikan setiap permukaan benda yang dilewatinya.

Pertama-tama, ambil beberapa lembar daun sirih yang cukup tua lalu tumbuk sampai hancur. Kemudian, berikan sedikit air ke dalam tumbukan tadi untuk mendapatkan sari daun sirih. Terakhir, gunakanlah ramuan ini untuk keramas setiap kali anda mandi.

4. Jeruk Nipis

Sama seperti daun sirih, jeruk nipis juga merupakan pembersih alami. Anda bisa menggunakan sari buah ini sebagai shampo dengan pemakaian satu jam sebelum anda mandi. Usahakanlah keramas dengan cairan jeruk nipis secara rutin.

5. Obat Kimia

Di zaman modern seperti sekarang, tentu sudah ditemukan berbagai obat kimia untuk membasmi kutu busuk. Biasanya obat ini berupa salep/cream dan mengandung permethrin 1% (sejenis insektisida namun aman bagi manusia). Untuk lebih detailnya, anda bisa menanyakannya pada dokter spesialis kulit atau petugas apotek terdekat.

Ketika kepala anda sudah terbebas dari kutu rambut ini, segera terapkan lah gaya hidup sehat dengan memberikan perhatian yang lebih pada kondisi rambut anda.

  • Gunakan sisir secara mandiri/tidak bergantian dengan orang lain
  • Keramas dengan shampo yang mengandung mint/mentol minimal 3 kali seminggu
  • Jangan pernah meminjam peralatan apapun yang berhubungan dengan rambut dan kepala
  • Segera atasi jika anda merasakan gatal di rambut