Perawatan
May19

Cara Membasmi Algae di Akuarium/Aquascape

Apa penyebab tumbuhnya algae dan bagaimana cara membasmi algae di akuarium? Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh penggemar akuarium adalah algae. Algae merupakan tumbuhan mikro yang bisa hidup di kaca, batu, dan ornamen akuarium lainnya.

cara-membasmi-algae-di-akuarium.jpg

Tahukah anda, algae tidak selalu berdampak negatif pada akuarium. Algae bisa menjadi makanan bagi jenis ikan tertentu. Algae bisa tumbuh subur bila kondisi di akuarium mendukungnya.

Jika anda telah mencegah lingkungan ideal ini terbentuk, namun algae tetap ada. Hal ini berarti ada yang keliru pada sistem akuarium yang anda miliki. Penyebabnya banyak sekali, mulai dari anda terlambat mengganti air, berlebihan dalam memberikan pakan, filter akuarium yang tidak bekerja baik, dan tidak memakai air yang diolah dahulu.

Mayoritas penggemar ikan hias tidak menyukai algae karena kehadirannya membuat penampilan akuarium, tanaman, dan ornamen lainnya terkesan kotor. Keindahan akuarium pun menjadi terhalang oleh lumut hijau ini.

Berikut ini arafuru.com rangkumkan zat-zat apa saja yang menjadi pemicu kehadiran algae di akuarium anda :

Fosfat

Kandungan fosfat merupakan pemicu utama algae bisa tumbuh subur di akuarium. Penyumbang Fosfat (SO4) terbesar berasal dari air keran yang belum diolah serta pakan dan suplemen yang diberikan untuk ikan.

Untuk mengetahui apa sebenarnya penyebab munculnya fosfat di akuarium milik anda, cobalah amati apakah banyak sisa makanan di sana? Apakah pakan yang anda berikan bisa larut di dalam air?