Perawatan
Jan11

Cara Jitu Mengatasi Pagar Besi yang Berkarat

Pagar rumah yang terbuat dari besi rentan terhadap yang namanya karat. Kalau sudah begini, tentu pagar yang semula tampak menarik akan terlihat begitu mengerikan karena dipenuhi kotoran-kotoran yang sulit dihapus. Terlebih apabila tidak segera diatasi, bukan tidak mungkin karat yang tadinya hanya menyerang sebagian pagar saja, bakal menjalar dan merusak struktur dari pagar rumah tersebut.

cara-mengatasi-pagar-besi-berkarat.jpg

Seperti kita ketahui, besi dapat berkarat karena mengalami reaksi oksidasi. Adapun reaksi ini terjadi ketika permukaan besi mendapatkan oksigen, air, dan garam terlarut pada saat yang bersamaan. Oleh sebab itu, untuk mencegah pagar besi dari karat, caranya adalah dengan menghindarkannya dari ketiga zat pemicu reaksi oksidasi tersebut. Salah satunya dengan melapisi pagar menggunakan cat khusus yang bersifat anti-karat.

Di bawah ini panduan dari kami :

Alat dan Bahan :

  • Sikat
  • Sikat Gigi
  • Ampelas
  • Kain Lap
  • Cat Besi anti-karat
  • Cat Meni (opsional)

Langkah-langkah :

  1. Bersihkanlah terlebih dahulu seluruh permukaan pagar menggunakan sikat. Berikan perhatian yang lebih pada sudut-sudut pagar dimana sering terlihat debu yang menumpuk.
  2. Untuk bagian pagar yang nampak berkarat, anda bisa mengikis karat tersebut menggunakan ampelas. Gosoklah pagar sampai bagian karatnya hilang semua. Lakukan secara teliti hingga seluruh bagian pagar benar-benar bebas dari karat.
  3. Cek sekali lagi seluruh permukaan pagar, jangan sampai ada karat besi yang terlewatkan. Untuk noda-noda membandel seperti debu dan minyak, anda dapat menghapusnya dengan kain lap bersih.
  4. Sebagai opsi tambahan, anda bisa menerapkan cat meni sebagai lapisan dasar pagar. Tujuannya agar besi pagar terlindungi lebih baik dan aplikasi finishingnya menghasilkan warna yang lebih bagus. Biarkan lapisan cat ini mengering selama seharian penuh.
  5. Terapkan cat besi pada lapisan pagar paling luar. Dengan sifatnya yang anti-karat, selain menghiasi pagar, cat juga mampu melindungi bahan besi tersebut dari timbulnya karat. Disarankan untuk memakai teknik semprot saat mengaplikasikan cat ini agar hasilnya tampak rata dan rapi.