Perawatan
May26

Cara Gampang Menghilangkan Cacing di Kamar Mandi

Bagaimana cara menghilangkan cacing di kamar mandi? Kamar mandi adalah ruangan yang berfungsi sebagai tempat membersihkan diri. Kondisi kamar mandi yang selalu lembab dan basah membuat ruangan ini acapkali didatangi cacing. Sudah pasti, suasana kamar mandi yang terdapat cacing di dalamnya akan membuat ruangan ini terkesan jorok dan menjijikkan, serta tidak sehat lagi.

Pada umumnya, cacing masuk ke kamar mandi melalui saluran pembuangan air. Namun bisa juga kemungkinannya cacing-cacing tersebut bermukim di bak penampung/tandon air dan ikut mengalir ke kamar mandi saat keran dinyalakan. Lubang WC yang terhubung ke septic tank juga riskan dihuni oleh cacing karena kondisinya yang ideal. Yang paling parah adalah jika sampai cacing-cacing tersebut membuat rumahnya di bawah lantai keramik ruangan yang telah rusak.

cara-menghilangkan-cacing-di-kamar-mandi.jpg

Cacing

Saluran Pembuangan Air

Penyebab utama yang seringkali membuat kamar mandi dipenuhi cacing adalah kondisi saluran pembuangan airnya kotor. Hal ini memungkinkan cacing dan serangga-serangga lainnya senang tinggal di tempat pembuangan ini. Ketika saluran tersebut meluap, otomatis hewan-hewan di dalamnya akan menyelematkan diri menuju lubang yang terhubung ke kamar mandi di rumah anda. Solusinya, bersihkan saluran pembuangan air tersebut secara berkala menggunakan panduan di sini. Disarankan memasang bak filtrasi guna memudahkan anda dalam membersihkan saluran pembuangan air ini.

Bak Penampung Air

Selain lumut, bak penampung air juga rawan dihuni oleh cacing. Ukurannya yang kecil akan mempermudah cacing-cacing menyusup masuk ke tandon air dan menyimpan telur-telurnya di wadah ini. Sudah pasti, air yang telah dihuni cacing maka kualitasnya tidak higienis lagi. Oleh karena itu, biasakan menguras bak penampungan air minimal setiap 3 bulan sekali. Pastikan anda menyikat seluruh permukaan bak tersebut sampai benar-benar bersih.

Saluran Pembuangan WC

Saluran lain yang berpotensi menjadi habitat cacing adalah saluran tinja. Fungsinya sebagai saluran pembuangan kotoran menyebabkan kondisi di saluran ini selalu kotor. Alhasil, cacing-cacing pun senang berkembang biak di dalamnya karena makanannya melimpah. Agar terhindar dari kemungkinan terburuk ini, biasakan anda membersihkan kloset secara rutin. Sebulan sekali, siram lubang kloset tersebut dengan cairan HCl untuk membunuh serangga-serangga yang mungkin hidup di dalamnya. Hindari menggunakan cairan pembersih yang bersifat keras terlalu sering karena akan mengurangi jumlah bakteri pengurai di septic tank sehingga cepat penuh.

Lantai Keramik yang Rusak

Lantai keramik yang rusak juga sering dihuni oleh cacing dan hewan-hewan renik lainnya. Cacing akan senang hidup di bawah ubin keramik yang terlepas atau di sepanjang area nat yang terkelupas. Untuk mengatasinya, perbaiki kerusakan-kerusakan lantai tersebut sesegera mungkin. Anda juga bisa meletakkan garam-garam balok di setiap sudut ruangan sehingga larutan garam tersebut mencair sedikit demi sedikit. Perlu diketahui, kulit cacing sangat sensitif terhadap garam, sehingga binatang ini cenderung akan menghindari ruangan yang dipenuhi oleh cairan garam.

Selamat mencoba dan semoga berhasil!