Perawatan
Nov6

Cara Efektif Bersihkan Kamar Mandi dari Kuman dan Bakteri

Ingin membersihkan kamar mandi dari kuman dan bakteri? Fungsi kamar mandi yang identik dengan tempat pelepasan kotoran-kotoran di tubuh menjadikannya sebagai ruangan paling kotor di rumah. Kondisinya yang selalu lembab juga sangat disenangi kuman dan bakteri untuk berkembang biak. Oleh karena itu, membersihkan ruangan ini tidak boleh setengah-setengah, melainkan harus tuntas.

membersihkan-kamar-mandi.jpg

Berikut ini panduannya :

Toilet

Toilet merupakan bagian terkotor di kamar mandi. Berbagai jenis kuman dan bakteri tersimpan di sini. Besar kemungkinan bakteri-bakteri tersebut juga akan menyebar perlahan ke bagian kamar mandi yang lain. Begitupun ketika anda menyiramnya, cipratan air yang terjadi akan memindahkan air yang penuh dengan kuman tersebut ke lantai dan dinding.

Agar hal ini tidak terjadi, pastikan anda menurunkan penutup toilet saat menyiramnya. Sedangkan untuk toilet jongkok, siramlah toilet dari jarak dekat dan guyur secara perlahan. Pastikan pula anda menyikat toilet setiap selesai menggunakannya.

Kepala Shower

Bagi anda yang menggunakan shower di rumah, berhati-hatilah anda sebab bagian kepala shower ini bisa menjadi tempat perkembangbiakan bakteria tipis pada permukaannya. Dikhawatirkan keberadaan bakteri sejenis biofilm ini bisa merusak kualitas kebersihan air yang keluar dari pancuran tersebut. Untuk mencegah hal ini terjadi, pastikan anda rutin membersihkan kepala shower ini dengan cara direndam dalam air panas semalaman. Esok harinya, bilas dengan air dingin agar semua kumannya lenyap.

Bak Wastafel

Bak wastafel merupakan tempat menampung kotoran saat kita menyikat gigi, mencuci tangan, dan membasuh muka. Itu sebabnya, kandungan kuman dan bakteri di wastafel ini bisa dibilang tidak berbeda jauh dengan toilet. Pembersihannya harus dilakukan secara menyeluruh, tidak boleh hanya menyemprot dan membilasnya saja. Anda harus rutin menyikat seluruh sudut wastafel sampai bersih.

Keran

Keran air juga seringkali menjadi tempat perpindahan bakteri di kamar mandi. Hal ini terutama terjadi ketika seseorang yang ingin mencuci tangan menyentuhkan permukaan tangannya tersebut ke keran untuk membukanya. Jadi wajib bagi anda untuk memastikan kebersihan keran setiap saat. Caranya, gunakan sabun anti-bakteri untuk menyeka permukaan keran sampai bersih.

Keset

Kondisi keset kamar mandi yang lembab menjadi tempat ideal bagi bakteri untuk mendirikan koloninya. Oleh karena itu, anda wajib mencuci keset tersebut minimal seminggu sekali. Gunakan cairan pemutih sebagai desinfektan yang ampuh membasmi kuman. Pastikan keset sudah benar-benar kering saat anda ingin memakainya kembali.

Tempat Sikat Gigi

Banyak orang yang tidak sadar jika tempat sikat gigi sangat rawan dihinggapi kuman. Hal ini tidak terlepas dari posisinya yang berada di luar lemari sehingga bakteri mudah singgah di permukaannya. Bersihkan tempat ini dengan sabun dan air hangat minimal seminggu sekali agar kebersihannya selalu terjaga.