Perawatan
Jul5

Cara Basmi Rumput Liar sampai ke Akarnya!

Bagaimana cara membasmi rumput liar yang terbukti ampuh? Tanaman rumput suka tumbuh di sembarang tempat.  Di kebun yang Anda miliki pun pasti banyak ditumbuhi rumput, ya kan? Kalau rumput yang hidup di sana termasuk rumput hias sebenarnya tidak masalah, justru akan dirawat dengan sepenuh hati. Lain ceritanya kalau kebun dipenuhi oleh rumput liar, rumput teki, dan tanaman gulma lainnya. Keberadaan rumput-rumput ini sama sekali tidak diharapkan karena merusak pemandangan dan mengganggu pertumbuhan tanaman lainnya.

Metode pengendalian rumput liar bisa dilakukan secara mekanis, biologis, dan kimiawi. Secara mekanis, rumput liar bisa dibasmi dengan mencabutnya menggunakan tangan dan alat bantu pertukangan. Berbeda dengan pembasmian rumput liar secara biologis, di mana Anda membutuhkan organisme atau mikroorganisme tertentu yang akan bertindak sebagai agen pembasmi. Sedangkan pemusnahan rumput liar secara kimiawi dapat dikerjakan memakai bahan-bahan kimia seperti herbisida.

Penggunaan herbisida untuk membasmi rumput liar memang terbukti mampu mengendalikan pertumbuhan rumput liar dengan efektif dan efisien. Rumput liar yang terkena oleh bahan kimia ini akan langsung menguning dan tak lama kemudian mati. Dibutuhkan waktu yang cukup lama agar lokasi tadi ditumbuhi rumput kembali. Sayangnya pemakaian herbisida membutuhkan perhitungan yang matang. Anda harus mengaplikasikannya dalam dosis yang tepat. Jika berlebihan, kondisi tanah yang tersemprot herbisida akan rusak.

Daripada ragu-ragu kalau menggunakan herbisida karena risikonya yang cukup besar, mending pakai saja bahan-bahan alami untuk membasmi rumput liar. Khasiatnya pun tak kalah ampuhnya kok. Berikut ini beberapa bahan alami yang gampang ditemukan di rumah yang bisa Anda gunakan untuk memberantas rumput liar yang tumbuh di pekarangan.

  1. Air Panas

Air panas yang baru saja mendidih manjur mematikan semua kuman dan bakteri yang ada di lantai. Apalagi bila digunakan untuk menyiram rumput, dijamin deh rumput tersebut akan mati karena kepanasan. Anda tinggal menyiramkan air panas ini persis di bagian sistem perakaran rumput. Biar nggak mubazir, gunakan air panas bekas merebus mie instan, daging ayam, atau telur.

  1. Garam

Setiap tanaman membutuhkan tanah dengan tingkat keasaman yang pas supaya bisa tumbuh di atasnya. Tak terkecuali juga dengan tanaman yang berjenis rumput-rumputan. Umumnya, rumput tumbuh di tanah yang memiliki pH normal. Jika pH tanah bersifat asam atau basa, maka rumput pasti tidak mampu hidup. Itu sebabnya, kita gunakan garam untuk membuat pH tanah berubah menjadi basa.

  1. Baking Soda

Baking soda juga ternyata efektif lho dimanfaatkan untuk memberantas rumput-rumput liar yang tumbuh di halaman rumah. Ini dikarenakan baking soda sanggup menaikkan tingkat keasaman tanah. Tanah yang tadinya mempunyai pH normal akan berubah menjadi pH basa apabila ditaburi baking soda. Penerapannya kurang lebih sama seperti garam.

cara-membasmi-rumput-liar.jpg

  1. Cuka

Kalau garam dan baking soda ampuh mengubah pH tanah menjadi basa, maka untuk membuat pH tanah menjadi asam kita bisa memakai cuka. Anda bisa menggunakan cuka dapur yang biasa dipakai untuk memasak acar. Cuka tadi hanya perlu disemprotkan di permukaan tanah yang ditumbuhi rumput. Hati-hati saat melakukannya agar jangan sampai mengenai tanaman hias.

  1. Koran/Kain

Rumput membutuhkan sinar matahari untuk berfotosintesis. Hasil dari proses tersebut berupa bahan makanan yang menjadi sumber untuk hidup dan berkembang biak. Apabila rumput tidak bisa memperoleh cahaya matahari, dijamin rumput-rumput tadi akan mati. Anda bisa menghalangi sinar mentari dengan menutupi rumput menggunakan kertas koran atau kain bekas.

  1. Sabun Cuci Piring/Deterjen

Seperti kita tahu, sabun cuci piring dan deterjen memiliki sifat yang keras sekali. Bahkan kulit kita pun bisa rusak jika terlalu sering bersentuhan dengan kedua sabun ini. Anda cukup memasukkan campuran air dengan sabun cuci piring/deterjen secukupnya. Lalu semprotkan cairan tersebut pada rumput-rumput liar. Cepat atau lambat semua rumput tersebut akan mati.

  1. Pupuk Kompos

Kami pernah menuliskan panduan tentang proses pembuatan pupuk kompos di sini. Pupuk kompos tersebut dapat Anda gunakan untuk menyuburkan media tanam. Selain itu, pupuk kompos juga ternyata ampuh juga untuk mencegah tumbuhnya rumput liar di sekitar tanaman. Taburkan pupuk kompos mengelilingi batang tanaman hingga sejauh 20-30 cm.

  1. Boraks

Berita tentang penyalahgunaan boraks sempat geger di Indonesia. Memang benar kalau boraks bukanlah bahan pangan dan bukan pula bahan tambahan makanan. Tetapi boraks bisa Anda pergunakan untuk mematikan rumput. Dengan menaburkan boraks ke celah-celah rerimbunan rumput atau alang-alang niscaya gulma ini bakalan binasa.