Perawatan
Oct4

Cara Ampuh Membasmi Kumbang Bubuk Kayu

Bagaimana cara membasmi kumbang bubuk kayu? Anda mungkin pernah menjumpai perabotan kayu milik Anda dipenuhi lubang-lubang berukuran kecil dan jumlahnya banyak. Bagian permukaannya gampang sekali dirusak karena sudah keropos. Lalu dari bagian dalamnya keluar bubuk-bubuk kayu yang berukuran kecil pula. Kondisi ini menandakan kalau perabotan Anda terserang kumbang bubuk kayu alias powderpost beetle. Beberapa orang kerap juga menyebut serangga ini sebagai teter.

Sebenarnya powderpost beetle merupakan salah satu dari tiga kumbang yang senang mengebor kayu untuk meletakkan telur-telurnya. Tetapi serangan dari kumbang ini yang paling parah dibandingkan dengan dua kumbang pengebor kayu lainnya. Bahkan teter boleh dibilang sebagai serangga perusak kayu paling berbahaya nomor dua setelah rayap. Teter tidak hanya melakukan serangan pada kayu yang strukturnya lemah, tetapi kayu yang sangat keras dan kuat seperti kayu jati pun bisa dirusaknya.

mengatasi-kumbang-bubuk-kayu.jpg

Anda harus waspada terhadap serangan kumbang bubuk. Hal ini tidak lain karena dampak dari serangan kumbang tersebut sangatlah besar, baik pada rumah tinggal maupun bangunan industri. Kumbang bubuk dapat mengakibatkan kerusakan yang sangat fatal terhadap struktur kayu dan estetikanya. Struktur kayu yang semula kokoh menjadi keropos karena dipenuhi saluran-saluran kecil di dalamnya. Keindahan desain kayu tersebut pun berkurang sebab banyaknya lubang-lubang kecil yang memenuhi bagian permukaannya.

Fase Hidup Kumbang Bubuk Kayu

Kumbang bubuk kayu tumbuh melalui fase perkembangan metamorfosis tidak sempurna. Fase yang paling berbahaya dari siklus hidup kumbang ini yaitu pada saat dirinya berbentuk larva yang menyerupai rayap. Larva kumbang bubuk kayu akan memakan partikel-partikel kayu yang berada di sekelilingnya. Aktivitas ini akan terus ia lakukan selama masih berwujud larva. Waktunya sendiri kurang lebih mencapai 1 tahun. Jadi selama 1 tahun, kayu di rumah Anda yang sudah terserang oleh kumbang bubuk kayu akan terus digerogoti secara perlahan-lahan.

Kumbang bubuk kayu dewasa memang tidak memakan kayu lagi. Tetapi kumbang tersebut mempunyai perilaku untuk cenderung meletakkan telur-telurnya di tempat ia dibesarkan. Tempat tersebut tidak lain berada di salah satu perabotan kayu milik Anda. Kelak setelah telur-telur ini menetas, larva kumbang bubuk kayu anaknya juga bakal memakan kayu. Serangan ulang serangga kumbang bubuk kayu ini akan terus berlanjut selama kondisi tempat tersebut bagus untuk mendukung kehidupan anak-anaknya.

Perlu Anda ketahui, kumbang bubuk kayu terdiri atas tiga jenis antara lain powderpost beetle, deathwatch beetle, dan false powderpost beetle. Meskipun sama-sama bisa disebut sebagai kumbang bubuk kayu, tetapi masing-masing dari serangga tersebut memiliki perilaku dan habitat ideal yang berbeda-beda. Khusus untuk powderpost beetle, kumbang ini justru sangat menyukai kayu yang keras dan kondisinya kering. Faktanya serangga ini lebih banyak menyerang kayu yang tidak diberi finishing, kayu lama yang lapisan finishing-nya sudah hilang, atau bagian kayu yang mengalami keretakan.

Pencegahan Kumbang Bubuk Kayu

Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Salah satu cara efektif untuk mencegah serangan kumbang bubuk ini adalah menjaga kondisi furniture kayu Anda tetap dalam keadaan baik. Pastikan lapisan finishing-nya menutupi seluruh pori-pori luar kayu dengan sempurna. Apabila ada bagian finishing yang telah mengelupas, segeralah melakukan finishing ulang pada titik tersebut. Jangan biarkan furniture kayu Anda tampil terbuka tanpa ditutupi oleh lapisan finishing karena bisa menjadi sasaran empuk bagi kumbang bubuk kayu.

Sedangkan untuk kayu-kayu yang belum diolah seperti kayu log atau kayu gergajian milik perusahaan produsen kayu. Anda bisa mengaplikasikan cairan insektisida ke seluruh permukaan kayu tersebut. Kalau mau mendapatkan hasil yang bagus disarankan untuk merendam kayu di dalam cairan insektisida selama beberapa hari supaya meresap. Kayu yang sudah mengandung cairan insektisida dijamin tidak akan terkena serangan dari hama apapun termasuk kumbang bubuk kayu.

Pengendalian Kumbang Bubuk Kayu

Jika Anda melihat ada tanda-tanda serangan kumbang bubuk kayu pada furniture, segeralah lakukan penanggulangan secara tepat. Anda bisa membeli insektisida khusus untuk kumbang pengebor kayu serta aman bagi material kayu. Usahakan pilih insektisida yang bersifat neurotoksik sehingga ampuh mematikan kumbang bubuk kayu sampai ke telurnya. Cairan insektisida tersebut perlu dilarutkan dulu dengan air sesuai takaran yang disarankan. Selanjutnya larutan ini bisa diaplikasikan pada kayu yang terkena serangan.

Agar hasilnya bisa lebih maksimal, Anda sebaiknya mengelupas lapisan cat yang menutupi kayu menggunakan ampelas pada titik-titik yang terserang kumbang bubuk. Setelah itu, larutan insektisida bisa dioleskan ke permukaan kayu menggunakan kuas. Lakukan penguasan selama beberapa kali supaya larutan insektisida bisa meresap sempurna ke dalam kayu tersebut. Tunggu selama beberapa saat agar kayu kembali mengering. Barulah kemudian Anda bisa mengecat furniture kayu tadi kembali memakai cat yang bersifat anti-serangga.