Perawatan
Nov15

Cara Ampuh Melepaskan Sambungan Pipa PVC

Bagaimana cara melepaskan sambungan pipa PVC? Pipa PVC banyak digunakan dalam instalasi saluran air dan listrik di rumah tangga. Selain karena harganya yang terbilang cukup murah, pipa ini juga mempunyai daya tahan yang bagus sehingga awet. Proses pemasangannya pun sangat mudah karena hanya membutuhkan sealtape dan lem PVC.

Karena beberapa faktor, beberapa orang mencoba untuk melepaskan kembali pipa-pipa PVC yang telah mereka sambung sebelumnya. Tentu saja, proses pelepasan sambungan pipa ini termasuk pekerjaan yang sulit. Hal ini mengingat pipa dan sambungannya pada dasarnya sudah dirancang sedemikian rupa agar ikatannya kuat dan tahan lama. Walaupun Anda meminta bantuan orang lain untuk saling menarik sambungan pipa ini, kami jamin pipa tersebut tidak akan terlepas sedikit pun!

cara-melepaskan-sambungan-pipa.jpg

Upaya untuk melepaskan sambungan pipa PVC memang tergolong sia-sia. Oleh karena itu, kebanyakan orang yang merasa frustrasi karena telah gagal mencobanya berkali-kali memilih langkah alternatif. Salah satunya yaitu memotong langsung pipa tersebut menggunakan gergaji. Jika pipa PVC tadi ingin disambung kembali, tinggal gunakan saja mode sambungan pipa yang sesuai dengan kebutuhan.

Jika Anda tetap bersikeras ingin mencoba melepaskan sambungan pipa PVC, berikut ini beberapa metode yang pernah dicoba dan dinyatakan berhasil. Tentunya dengan perjuangan dan ketelatenan yang super tinggi ya!

Alat dan Bahan :

  • Air panas
  • Minyak kayu putih
  • Oli rem
  • Kain lap

Langkah-langkah :

  1. Rebuslah air hingga mendidih. Masukkan air panas tersebut ke dalam panci. Kemudian rendamlah sesegera mungkin sambungan pipa PVC yang ingin dilepaskan ikatannya. Rendam selama 3-5 menit agar diameter pipa menjadi lebih besar. Setelah itu, cobalah menarik kedua ujung pipa tersebut dengan kuat. Lakukan proses ini berkali-kali sampai pipa berhasil dicopot.
  2. Siapkan minyak kayu putih biasa. Oleskan minyak tersebut ke permukaan pipa PVC yang hendak dilepas sambungannya. Usahakan minyak kayu putih melumuri setiap bagian sambungan secara merata, termasuk bagian sela-selanya. Kemudian Anda bisa menarik pipa tersebut sampai terlepas. Perlu diketahui, minyak kayu putih sangat ampuh dalam menghapus lem.
  3. Anda juga bisa lho melepaskan sambungan pipa menggunakan oli rem. Caranya sangat mudah. Tuangkan beberapa tetes oli rem ke kain lap. Berikutnya usapkan kain ini ke permukaan sambungan pipa yang ingin dilepaskan. Kalau bisa usahakan supaya oli masuk ke dalam sela-sela sambungan. Barulah kemudian Anda bisa melepaskan ikatan keduanya.